Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bondan & F2B Tak Terhentikan Hujan

Kompas.com - 16/06/2010, 22:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Jangan dikira rinai hujan akan membubarkan ratusan anak muda untuk lebur dengan musik Bondan Prakoso & Fade 2 Black (F2B). Lagu-lagu rap, hip rock, rock ballad, funk, soul, reggae, bahkan keroncong sekali pun, membuat darah muda mereka membara, gairah mereka bergelora.  

Tampil di panggung terbuka halaman Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Rabu (16/6/2010) malam, Bondan Prakoso & F2B, yang beranggota Tito, Ari, dan Eza, dengan lagu-lagu mereka berhasil mengobarkan semangat kaum belia. Pada pertunjukan dalam rangka peluncuran album ketiga mereka, For All, itu, para penonton turut menyanyi sembari mengacung-acungkan tangan dan bergoyang.

Sejak lagu pertama, "SOS", kemudian berlanjut dengan "Tetap Semangat", sebuah track berirama ska yang mempunyai kejutan reaggae di tengah-tengahnya, langsung mengobarkan semangat para penonton. Mereka berjoget bersama. Begitu juga dengan lagu "Bunga", "Keroncong Tugu", medley "Bengawan Solo", aransemen musik garapan Bondan, yang pemain bas, pencipta lagu, dan produser musik yang juga menyanyi, tetap menggoda darah muda.

Selanjutnya, Bondan berduet, masing-masing dengan Eza dalam lagu " Bumi ke Langit", dengan Ari dalam lagu "Terinjak Terhempas", dan dengan Tito dalam lagu "Not with Me". Bondan memberi keleluasaan kepada setiap personel F2B untuk menginterpretasi lirik lagu-lagu itu ke musik alternatif funk, hip rock, dan rock ballad. "Saya ingin membuktikan bahwa nge-rap bisa bersenyawa dengan segala warna musik dan tetap disukai anak muda," kata Bondan, seusai penampilan.

Musik multi-genre yang diusung Bondan Prakoso & F2B, diakui oleh Bondan,  disambut hangat di berbagai pelosok negeri di Indonesia. Tambahnya, album pertama, Respect (2005), dan album kedua, Unity (2007), disambut dengan antusias di pasaran, sehingga punya penggemar di mana-mana.

Selain Bondan Prakoso  & F2B, di panggung terbuka halaman BBJ, tampil pula tiga band Rezpector, dari Depok, Bandung, dan Yogyakarta. Rezpector merupakan kelompok-kelompok musik yang dibentuk oleh para penggemar Bondan & F2B.

Mereka mearansemen ulang lagu-lagu Bondan Prakosa & F2B sehubungan dengan pertunjukan peluncuran album baru grup idola mereka tersebut. Dalam kesempatan lain, mereka juga membawakan lagu-lagu ciptaan mereka. Sebagai penghargaan kepada band-band Rezpector, Bondan Prakoso & F2B memajang  logo grup-grup itu pada sampul album baru mereka. (NAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com