Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda ke Maluku, Wisman Meningkat

Kompas.com - 07/06/2010, 18:35 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Kehadiran maskapai penerbangan Garuda Airlines di Provinsi Maluku diharapkan bisa menebarkan pesona pariwisata provinsi seribu pulau ini. "Dampak dari kehadiran penerbangan Garuda di Ambon luar biasa, karena bisa mempermudah kedatangan wisatawan mancanegara dari Eropa khususnya wisatawan Belanda ke Maluku, " kata Ketua Asita Maluku, Tony Tomasoa di Ambon, Senin (7/6/2010).

Menurut Tony, selama ini wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Maluku harus menjalani transit di Jakarta kemudian melanjutkan penerbangan ke Maluku. "Masuknya maskapai pemerintah ini bisa mempermudah perjalanan penerbangan, artinya tidak diperlukan waktu terbang yang panjang karena bisa langsung ke Maluku tanpa transit," katanya.

Selain itu, kata Tony, peluang masuknya investor asing ke Maluku akan semakin terbuka, apalagi sertifikasi Garuda dinilai memenuhi standar internasional.

Tony mengatakan, walaupun harga tiket Garuda lebih tinggi dibandingkan airlines lainnya, antusias masyarakat menggunakan jasa penerbangan milik pemerintah ini tidak berkurang. Harga tiket Garuda untuk penerbangan Ambon-Jakarta kelas ekonomi Rp 1.000.000 sedangkan untuk kelas eksekutif mencapai Rp 4.000.000 per orang.

Disinggung tentang penjualan tiket Garuda di Ambon, Tony mengatakan, maskapai penerbangan ini sudah mempunyai hubungan kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta. "Tentu diharapkan ada kebijakan pemerintah dalam hal perjalanan dinas pejabat menggunakan jasa Garuda," katanya.

Saat ini operasional penerbangan Garuda rute Jakarta - Ambon berangkat pukul 10.00 WIB, dan tiba di Ambon pukul 16.30 WIT. Selanjutnya penerbangan Ambon- Jakarta pukul 17.00 WIT, tiba Jakarta pukul 20.00 WIB  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com