Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Mungkin Batal Lagi ke Indonesia

Kompas.com - 04/06/2010, 05:04 WIB

Washington, Rabu - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mungkin batal lagi mengunjungi Indonesia. Kali ini perhatiannya tersita oleh kasus pencemaran laut di lepas pantai Louisiana akibat tumpahan minyak di Teluk Meksiko, AS. Hingga memasuki hari ke-45, Rabu (3/6), semburan minyak dari sumur Deepwater Horizon, Teluk Meksiko, bukannya berkurang, tetapi semakin tak terkendali.

Gedung Putih mengatakan, lawatan Obama ke Indonesia dan Australia masih terjadwal sesuai rencana. Namun, kasus tumpahan minyak di laut lepas di pantai Negara Bagian Louisiana memunculkan spekulasi lain. Obama mungkin saja menunda lagi lawatannya ke Indonesia dan Australia pada bulan Juni ini.

Obama sedianya mengunjungi Jakarta—tempat dia menetap selama empat tahun pada masa kecilnya—dan juga Canberra serta Sydney, Australia, pada Maret 2010. Dia menunda lawatan ketika itu guna mendorong reformasi soal layanan kesehatan di parlemen dan akhirnya sukses.

Lawatan Obama yang tertunda itu sudah terjadwal lagi medio Juni. Meski demikian, kali ini Gedung Putih dihadapkan berbagai pertanyaan tentang apakah Obama lebih memilih pergi atau tinggal untuk menangani dampak tumpahan minyak. Hal ini dinilai sebagai bencana lingkungan terburuk dalam sejarah AS.

Para penasihat politik Obama menegaskan, masalahnya pamor bisa saja menjadi buruk bagi Presiden jika melakukan perjalanan ke luar negeri saat krisis lingkungan di Teluk Meksiko belum pulih. Wakil juru bicaranya, Bill Burton, mengatakan, kunjungan Obama masih terjadwal, tetapi tampaknya akan ada beberapa diskusi yang mungkin menyarankan agar lawatan dibatalkan.

”Baiklah, pasti ada banyak alasan untuk melakukan perjalanan,” kata Burton di dalam pesawat Air Force One tatkala Obama menyampaikan pidato tentang perekonomian di Pittsburgh, AS. Dia menambahkan, ”Terlepas dari semua diskusi yang mungkin sudah dilakukan mengenai itu (penundaan), tetapi perjalanan masih terjadwal.”

Sampai Rabu, Gedung Putih belum merilis jadwal pasti lawatan. Keputusan membatalkan perjalanan, Maret lalu, memperlambat perjuangan Obama meningkatkan keterlibatan AS dengan wilayah Asia Pasifik.

Penundaan itu menunjukkan betapa urusan politik domestik kadang-kadang dapat menghambat keterlibatan global dari Presiden AS. Ini khususnya terjadi selama semester pertama ketika porsi urusan politik sangat tinggi. Obama telah membatalkan jamuan malam kenegaraannya Maret lalu di Indonesia.

BP masih gagal

Kebocoran sumur minyak bawah laut di kilang Deepwater Horizon dari hari ke hari tak juga berhasil dikendalikan meski berbagai upaya sudah dilakukan. Semburan minyak mentah dari sumur yang bocor semakin liar. Minyak yang tersembur pun semakin pekat. Wilayah yang terkena tumpahan minyak membuat nelayan terpuruk.

Dilaporkan, lebih dari sepertiga perairan teluk tertutup untuk nelayan serta usaha penangkapan hasil-hasil laut. Perairan ini menghasilkan sedikitnya satu miliar pon udang dan kerang. (AFP/AP/REUTERS/CAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com