Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gesang Sudah Bisa Berbicara

Kompas.com - 20/05/2010, 16:44 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Maestro keroncong Gesang Martohartono (93) sampai Kamis pukul 13.00 WIB masih dirawat di ruang Intensive Care Unit Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo.

"Kondisi Pak Gesang sekarang memang lebih baik, sudah bisa berbicara dan bisa mengerti siapa-siapa yang hadir menjenguknya, dibandingkan ketika masuk ICU pada Minggu, yang waktu itu sempat tidak sadarkan diri. Tapi sampai sekarang juga belum ada kepastian dari dokter yang menangani untuk kembali ke ruang perawatan biasa," kata Hasanudin Santosa, keponakan Gesang di ruang ICU tersebut, Kamis (20/5/2010).

Menurut dia, pencipta lagu Bengawan Solo itu sampai saat ini memang belum ada kepastian dari dokter yang menangani untuk dipindah ke ruang perawatan. Gesang bahkan sering minta pulang ke rumahnya di Klemayan, Solo.

Gesang yang dirawat di ruang ICU Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, pada Kamis juga dijenguk oleh anak-anak Sekolah Dasar (SD) Yosodipuro, Solo yang dipimpin gurunya Siti Markamah.

Para siswa SD itu juga melakukan doa bersama di depan pintu masuk ruang ICU tempat Gesang dirawat, yang meminta agar Maestro keroncong tersebut bisa cepat sembuh dan setelah itu juga memberikan poster gambar Gesang diberikan kepada Yani Effendi, keponakan Gesang.

Gesang dirawat di rumah sakit tersebut ditangani dokter ahli penyakt dalam dr Suryo Aribowo, Prof dr Suradi(ahli paru), dr Suharto (ahli urologi), dr Anik Rusnani (ahli syaraf) dan dr Trisula (ahli jantung).

Dari hasil diagnosis tim dokter, penurunan kondisi kesehatan Gesang secara drastis itu dipengaruhi tiga faktor, yakni kurangnya asupan makanan, riwayat komplikasi penyakit yang diderita sejak lama, selain pula faktor usia yang sudah lanjut.

Sebelum masuk ke RSU PKU Muhmmadiyah, tambah Prof dr Suradi yang juga Wakil Direktur RSU PKU Muhammadiyah, pada Rabu (12/5) Gesang memang memiliki problem kesehatan utama di usia lanjut yang selalu memperoleh pengawasan dokter secara rutin, di antaranya gangguan kelenjar prostat dan lemah jantung.

Belakangan Gesang juga mengalami infeksi saluran kemih serta infeksi pernafasan, sementara buaya keroncong ini juga enggan makan sesekali diikuti rasa mual dan muntah, hingga kondisi kesehatan mengalami penurunan drastis.

Dalam beberapa waktu ke depan, tim dokter akan mengupayakan agar Gesang bisa mencerna asupan makanan secara langsung melalui mulut, karena selama ini asupan makanan disalurkan melalui selang.

Ia mengatakan, jika Gesang sudah mampu menerima asupan makanan secara langsung, kondisi kesehatan bisa kembali seperti sediakala, sebab ini menjadi salah satu faktor utama dalam proses pemulihan.

"Untuk sementara, asupan makanan secara langsung diberikan secara bertahap dalam porsi kecil, dan dibantu asupan melalui selang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com