Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elshinta Kerja Sama dengan Radio China

Kompas.com - 20/04/2010, 14:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Radio Elshinta dan China Radio International (CRI) sepakat bekerja sama menyiarkan berita dan informasi di ke dua negara yang terhubung dengan belahan dunia internasional.

"Kerja sama dengan CRI akan menambah wawasan pendengar Radio Elshinta, setelah sebelumnya juga menyiarkan berita dengan BBC (London), Voice Of America, Radio Australia," kata juru bicara Elshinta, Wahyu Aditama, di sela penandatanganan kerja sama ke dua pihak di Jakarta, Selasa.

Menurut Aditama, kerja sama dengan CRI yang bermarkas di Beijing ini, sangat strategis dalam mengembangkan layanan berita Elshinta, karena dimungkinkan.

"Eslhinta dimungkinkan terus memantau perkembangan perdagangan bebas di kawasan tersebut, juga informasi aktual dari Tiongkok, sebagai negara besar yang pertumbuhannya kian pesat," kata Aditama.

Ia menjelaskan, kerja sama ini murni merupakan implementasi menjembatani hubungan yang sudah baik antar ke dua negara.Aditama, yang juga penasihat Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) ini menjelaskan, dari sisi bisnis tidak terlalu besar, namun yang penting adalah bagaimana kerja sama penyiaran ini dapat mencerdaskan pendengar di ke dua pihak.

Ia menambahkan, Elshinta yang menurut survei AC Nielsen memiliki  jumlah pendengar mencapai sekitar tiga juta orang per hari ini, merupakan stasiun radio pertama di Indonesia, yang melakukan siaran berbahasa Mandarin.

Aditama mengklaim, bahwa kerja sama dengan CRI akan meningkatkan persepsi bahwa Elshinta merupakan radio berita terkemuka, dengan menerapkan prinsip "citizen journalism". CRI merupakan radio terbesar yang dikelola pemerintah China, didirikan pada Desember 1941.

Sementara itu, Direktur Siaran Bahasa Indonesia CRI, Li Shau Kuen, mengatakan kerja sama ini menjadi komponen penting bagi pertukaran budaya ke dua pihak.

Sebagai media utama nasional yang mengudara ke dunia internasional, CRI aktif bekerja sama dengan media di ASEAN demi peningkatan pemberitaan antar negara.

Terkait perdagangan bebas Asean Free Trade Agreement-China (ACFTA), CRI dan radio-radio se Asean membuat situs web Tingkok-ASEA dalam multibahasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com