Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meru Betiri untuk Penangkaran Raflesia

Kompas.com - 17/04/2010, 10:32 WIB

JEMBER, KOMPAS.com - Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) Jawa Timur, akan menyiapkan tempat penangkaran baru untuk jenis tanaman langka, yakni Raflesia Zollingeriana pada tahun 2010.
     
Kepala Balai TNMB Herry Subagiadi di Jember, Sabtu (17/4/2010), mengatakan, tanaman Raflesia Zollingeriana hanya bisa ditemukan di kawasan TNMB yang tersebar di Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi.
     
"Populasi Raflesia itu sangat terbatas, sehingga perlu dibuatkan penangkaran demi kelestarian bungkai bangkai berukuran kecil ini," kata Herry.
     
Bunga mekar sempurna berdiameter 20 hingga 26 cm. Panjang cuping atau knopnya 15-18 cm dengan lebar 10-15 cm. Bunga itu berwarna merah kecoklatan dengan bintik putih.
     
Tanaman yang terancam punah tersebut hanya bisa ditemukan di kawasan hutan di blok Krecek Bande Alit, Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember dan kawasan Pantai Sukamade, Kabupaten Banyuwangi.
     
"Hasil penelusuran petugas TNMB, ternyata Raflesia Zollingeriana tumbuh menyebar di beberapa lokasi di kawasan TNMB, sehingga perlu dibuat penangkaran baru" katanya.
      
Tumbuhan Raflesia tersebut, kata Herry, sering dicari dan diburu oleh warga karena memiliki nilai ekonomis tinggi, bermanfaat untuk bahan obat-obatan, seperti kanker dan kewanitaan. Gangguan alami dan faktor manusia menyebabkan tumbuhan Raflesia tidak bisa tumbuh sempurna dan terancam punah, sehingga TNMB berusaha membuat penangkaran untuk menjaga populasi dan ekosistem Raflesia tersebut.
     
Herry menjelaskan, bunga Raflesia hanya dapat tumbuh pada akar dan batang liana Tetrastigma lanceolarium dan Tetrastigma papillosum yang berfungsi sebagai inangnya. Raflesia Zollingerian merupakan tumbuhan yang unik karena tidak mempunyai akar, batang, dan daun. Satu-satunya bentuk yang dimiliki adalah berupa bunga yang menempel pada batang inangnya.
      
"Saya berharap semua pihak ikut menjaga populasi flora dan fauna yang terancam punah di kawasan TNMB," paparnya. Menurut Herry, lokasi penangkaran Raflesia Zollingeriana bisa menjadi salah satu obyek wisata alam di kawasan TNMB, asalkan benar-benar terawat dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com