Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM "Recall" 60.000 Unit Captiva dan Cruze, Indonesia Aman

Kompas.com - 22/03/2010, 10:24 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Baru saja melakukan pemanggilan untuk perbaikan (recall) 1,3 juta unit awal Maret lalu, GM kembali melaksanakan hal yang sama. Namun, produk yang terkena hanya Chevrolet Captiva dan Cruze yang totalnya 60.000 unit, tetapi kejadiannya di negeri asalnya Korea Selatan, seperti dilansir reuters.com (20/3/2010).

Pihak General Motors Co dan pemerintah Korea Selatan mengumumkan rencana recall terhadap produk SUV dan sedan di pasar lokal. GM Daewoo Auto & Technology selaku pabrikan akan me-recall 45.957 unit Captiva produksi April 2006-31 Desember 2007 akibat ada kelainan pada fungsi sistem kemudi.

Untuk Cruze jumlahnya 12.604 unit, produksi 25 September 2009-2 Maret 2010. Penyebabnya, adanya indikasi kelainan pada pipa bensin.

Pihak pabrikan menyatakan, produk Captiva dan Cruze yang memiliki kelainan yang serupa juga akan di-recall di pasar luar Korsel. "GM berencana menarik produk ini dengan permasalahan yang sama di negara lain. Tapi, setiap negara memiliki peraturan berbeda dan standardisasi masing-masing. Setiap perwakilan GM di setiap negara itu akan memutuskan kapan dan berapa banyak recall yang akan dilakukan, tergantung dari situasi tiap negara," ujar salah satu petinggi GM, tanpa mau disebutkan namanya.

Bagaimana dengan Captiva di Indonesia, juga dengan sedan Cruze yang baru diluncurkan 15 Maret lalu? Terkait permasalahan ini, Mukiat Sutikno, Managing Director GMAI, menegaskan, produk Cruze yang masuk ke Indonesia aman dari recall. Pasalnya, tahun produksi Cruze yang bermasalah berlaku untuk unit yang diproduksi sebelumnya.

"Saya pastikan aman. Tak ada pengaruh untuk yang ke Indonesia karena recall berlaku untuk unit yang diproduksi sebelumnya," tegas Managing Director PT GM AutoWorld Indonesia Mukiat Sutikno kepada Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com