Puing-puing Pabrik Sandal Swallow Mulai Dibersihkan

Kompas.com - 21/03/2010, 10:57 WIB
Editormbonk

JAKARTA, KOMPAS.com - Puing-puing reruntuhan sisa kebakaran di Pabrik Sandal Swallow, Jalan Kamal Raya, Jakarta Barat, Minggu (21/3/2010), mulai dibersihkan. Dua kendaraan alat berat mulai difungsikan mengangkat bangkai-bangkai kerangka bangunan.

Sebelumnya, pada Sabtu (20/3/2010) kemarin, api sempat kembali menyala dan berkobar besar. Sebanyak 15 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi hingga akhirnya api berhasil kembali dipadamkan Sabtu malam.

Pantauan Kompas.com sejak pagi ini, api sudah tidak lagi tampak menyala. Puluhan petugas pemadam kebakaran hanya terlihat mengamankan dan mengantisipasi bila api kembali menyala. Dua unit mobil pemadam kebakaran dari sektor Kalideres dan sektor Cengkareng juga tampak siaga di areal pabrik seluas lima hektar tersebut.

Petugas pemadam kebakaran dari sektor Cengkareng Agus mengatakan, petugas masih tetap berada di areal kebakaran hanya untuk mengantisipasi jika api kembali menyala. "Karena dibawah-bawah puing ini masih ada bahan-bahan kimia karet. Kami antisipasi kalau saat pembersihan puing ini nyala lagi," terangnya.

Dua buah kendaraan alat berat memang tengah berusaha mengangkat reruntuhan bangunan yang ambruk menutupi berbagai peralatan dan bahan baku kimia pembuatan sandal di pabrik sandal Swallow itu. Salah satu petugas mengatakan, dua kendaraan itu disewa oleh pihak perusahaan untuk membereskan puing-puing.

Agus mengatakan, pihak pemadam kebakaran memang tidak memiliki alat-alat berat untuk evakuasi reruntuhan. Proses pembersihan puing ini hanya dilakukan dengan berkoordinasi dengan pihak perusahaan yang menyediakan alat berat. "Kami koordinasi saja dan mengamankan. Perusahaan Swallow yang mengupayakan pembersihan reruntuhannya," tuturnya.

Seperti diketahui, pabrik Swallow dibangun di atas lahan seluas lima hektar itu terdiri dari tiga lantai dengan konstruksi baja. Kebakaran hebat pada Kamis (11/3/2010) lalu telah merobohkan bangunan kokoh tersebut.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X