Kebakaran, Kelalaian atau Pengabaian?

Kompas.com - 21/03/2010, 08:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam 10 hari terakhir, tiga kebakaran hebat terjadi di wilayah DKI Jakarta, yakni di Pasar Senen, pabrik pembuat sandal jepit Swallow, dan di permukiman padat penduduk Kelurahan Krendang, Kecamatan Tambora. Kebakaran menyebabkan kerugian material dan korban jiwa.

Kebakaran di Los A Blok VI Pasar Senen, Kamis pekan lalu, menghanguskan 472 kios. Barang dagangan berupa tas, pakaian, dan buku di kios ludes dalam dua jam kebakaran. Setiap pedagang merugi ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Manajer Area II PD Pasar Jaya Ivo Edwin Ariyanto mengatakan, alat pemadam kebakaran ada di pos satpam. Satpam di Pasar Senen bertugas 24 jam sehingga diharapkan bisa memadamkan api sementara menunggu petugas pemadam kebakaran tiba. ”Setelah kebakaran, tabung alat pemadam itu kosong karena telah dipakai,” kata Ivo.

Sementara itu, hidran air di Blok VI tidak tersedia. Jika terjadi kebakaran di blok itu, maka petugas pemadam kebakaran memanfaatkan hidran dari Blok V atau Plaza Atrium Senen.

Pada Kamis itu pula, pabrik pembuat sandal jepit Swallow di RT 06 RW 02 Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, terbakar. Sedikitnya empat pekerja pabrik tewas dalam kondisi terpanggang di dalam pabrik.

Bahan baku kimia dan karet menyebabkan api sulit dipadamkan. Hingga Sabtu (20/3/2010), api berkobar lagi sekitar satu jam. Kepala Unit Reskrim Polsek Kalideres Iptu Heru W mengatakan, api pada Sabtu kemarin kemungkinan berasal dari bara api yang terkena angin....

::Artikel selengkapnya silakan kunjungi laman KOMPAS CETAK::



Editormbonk

Close Ads X