Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur DKI Luncurkan Cendera Mata Jakarta Punya

Kompas.com - 13/03/2010, 20:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meluncurkan produk cendera mata khas Jakarta bermerek "Jakarta Punya" di Taman Fatahillah, Jakarta, Sabtu (13/3/2010) malam. Jakarta Punya merupakan bagian dari program Jakarta Service City yang dicanangkan Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

Pengusaha muda anggota Kadin Jakarta, Fathya Harmidy, saat ditemui di Museum Fatahillah mengharapkan Jakarta Punya mampu mewakili citra Jakarta. "Kita sekarang fokus ke fashion dulu dengan angka produksi 1.000-2.000 buah per item," kata Fathya.

Jakarta Punya menghadirkan barang-barang dengan desain unik, seperti kaus, boneka, buku, dan tas. Harga cendera mata Jakarta Punya cukup terjangkau, mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 125.000. "Tapi nanti (produk) kami akan berkembang. Ada desainer fashion untuk yang lebih besar dan harganya bisa lebih dari Rp 125.000," tambah Fathya.

Cendera mata Jakarta Punya dapat dibeli di acara-acara seni, galeri milik Jakarta Punya yang terletak di Hang Tuah Raya No 9 Jakarta Selatan, dan secara online melalui jakartapunya.wordpress.com.

"Kami baru mulai muncul di berbagai acara. Kami sudah melakukan tes pasar dan produk ini alhamdulillah sudah bisa diterima," kata Fathya.

Setelah peluncuran produk di museum di Jakarta hari ini, Fahtya mengatakan bahwa pihaknya ke depan akan menggelar sayembara merancang produk Jakarta Punya serta pelatihan dan lokakarya.

Fathya berharap agar program menciptakan produk ekonomi kreatif khas Jakarta ini tidak terputus. "Dari roadmap-nya sampai planning-nya, dari kreatifnya, semua pihak dilibatkan. Ada stake holder. Ada Pemprov DKI. Kami sudah punya contoh produk sekarang," imbuhnya.

Peluncuran produk Jakarta Punya termasuk dalam rangkaian acara Kota Kreatif Jakarta Punya yang digelar atas kerja sama Pemda DKI, British Council, dan pihak media, seperti Warta Kota dan Kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com