Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susno "Mendadak Seleb" di KG Fair

Kompas.com - 26/02/2010, 15:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Antusiasme masyarakat terhadap sosok mantan Kabareskrim yang dianggap kontroversial, Komjen Susno Duadji, rupanya masih sangat tinggi. Dalam kehadirannya di Kompas Gramedia Fair (KG Fair), Jumat (26/2/2010), Susno banyak mendapat respons para pengunjung.

Mantan Kapolda Jawa Barat ini hadir di KG Fair untuk mengenalkan buku baru yang mengisahkan dirinya berjudul Bukan Testimoni Susno. Turut hadir pula penulis buku itu, Izzhary Agusjaya Moenzhir.

Kehadiran Susno ini sontak mengagetkan para pengunjung KG Fair. Pasalnya, di sini para pengunjung bisa menyapa dan bertanya langsung dengan Susno secara lebih dekat. Bahkan, seusai sesi talkshow buku, Susno langsung dikerubuti puluhan pengunjung yang ingin sekadar bersalaman, mencium tangan, berfoto, hingga minta tanda tangan. Kebanyakan dari mereka bahkan mengungkapkan ketidakpercayaannya atas isu "miring" mengenai Susno terkait kasus kriminalisasi KPK dan kasus Century.

Saputra (19), misalnya, mahasiswa IAII Sukorejo, Situbondo, Jatim, ini mengaku mengagumi sosok Susno Duadji. Menurutnya, Susno adalah sosok yang amanah terhadap jabatannya di kepolisian. "Dia sangat bertanggung jawab sebagai polisi. Dia punya keberanian mengungkap fakta yang sebenarnya," tuturnya kepada Kompas.com.

Hal serupa dinyatakan Astri. Ibu rumah tangga ini bahkan langsung membeli buku Bukan Testimoni Susno dalam talkshow di KG Fair. Seusai acara, dia pun ikut mengerubung bersama puluhan pengunjung lainnya untuk minta tanda tangan. "Saya kagum sama dia. Banyak ditekan, tapi tetap yakin pada pendiriannya," ungkapnya.

Dalam talkshow tersebut, Susno kembali menyatakan optimismenya bahwa bukunya akan diterima pasar. Ia mengatakan, bukunya memiliki pandangan yang berbeda tentang banyak hal yang selama ini berkembang di masyarakat. "Tapi, karena ini buatan manusia, tentu tidak 100 persen benar. Ada sisi subyektif dari sisi manusianya. Semua kembali berpulang kepada pembacanya," ujar Susno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com