Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Bikin Sendiri Motor Listrik untuk Mobil Hibrida dan Listrik

Kompas.com - 27/01/2010, 08:31 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com – General Motors (GM) mengklaim sebagai produsen mobil pertama di Amerika Serikat yang merancang dan memproduksi sendiri motor listrik yang digunakan buat mobil hibrida dan listrik produksinya.  

Menurut produsen mobil terbesar Amerika Serikat itu, GM membikin sendiri organ utama mobil listrik dan hibrida tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan para insinyurnya dan menekan  biaya  produksi. Di samping itu, agar bisa memantau kualitas, menjaga kehandalan produk,  mengontrol rancangan, memilih bahan dasar  dan proses produksi.

Produksi motor listrik pertama hasil rancangan GM dijadwalkan sudah bisa diproduksi pada 2013 dan akan digunakan pada mobil hibrida GM generasi kedua yang mengadopsi teknologi gerak roda belakang.  Untuk ini, GM harus membangun fasilitas pabrik dan laboratorium dengan investasi US $246 juta.

Sebelumnya, GM juga sudah memproduksi sendiri baterai lithium-ion awal tahun ini. Semua itu memperlihatkan komitmen GM makin serius dengan rencana mobil hibrida dan listrik.

GM sebelumnya telah menerima  bantuan US $105 juta dari Departemen Energi Amerika Serikat untuk membangun pabrik motor listrik dan komponen yang berhubungan dengan penggerak listrik.

“GM harus  bergerak  cepat merespon keinginan pemerintah dalam upaya meningkatkan keahlian domestik terhadap teknologi kendaraan listrik, seperti batere dan motor listrik,” kata  Tom Sthephens, Wakil Ketua Operasi Produk Global GM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com