Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyandang Cacat Akan Diperjuangkan Asuransi Jamkesmas

Kompas.com - 21/12/2009, 21:51 WIB

GIANYAR, KOMPAS.com - Anggota DPD RI asal Bali, IGN Alit Kusuma Kelakan berjanji akan memperjuangkan asuransi jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) khusus untuk penyandang cacat.

Hal ini diungkapkan mantan Wakil Gubernur ini ketika mengunjungi penyandang cacat di Yayasan Senang Hati (YSH), Desa Tampaksiring, Gianyar, Bali, Senin (21/12).

Bagi Kelakan, pendekatan penyelesaian masalah yang dihadapi warga cacat tak semata dengan memberi sumbangan atau bantuan.

Tapi jauh lebih penting adalah penegakan hak-hak keadilan mereka meski tetap dengan pendekatan humanistik.

"Selain itu, anak cacat harus dibukakan kesempatan kerja, meski khusus, terutama di bidang perhotelan. Pihaknya berjanji untuk memperjuangkan asuransi khusus untuk warga cacat ini," janji Kelakan.

Kelakan yang didampingi anggota Komisi B DPRD Gianyar, I Nyoman Arjawa SSn ini menambahkan, berdasarkan aspirasi warga cacat umumnya, pihaknya melalaui DPD RI akan memperjuangkan hak-hak pelayanan warga cacat pada fasilitas publik.

Seperti, peningkatan pengangkatan guru anak cacat terutama kejar pekat A, B dan C. Penyediaan fasilitas untuk warga cacat seperti WC di rumah sakit, sekolah, dan lainnya.

"Kami mohon agar pengurus yayasan ini terus membuka solidaritas, interaksi dan akses kepada phak luar. Dan, saya yakin masih banyak masyarakat yag terketuk hatinya untuk peduli dengan warga cacat," ujarnya.

Ketua YSH Ni Putu Suryati mengatakan, YSH yang dipimpinnya berada di atas tanah laba Pura Dalem Pingit Tampaksiring. Tanah ini dikontrak YSH dan telah diperpanjang lima tahun ke dua.

Kini YSH yang menampung 45 anak cacat sudah punya tanah 25 are di Desa Siangan, Gianyar. Targetnya, empat tahun lagi YSH pindah ke Siangan, Gianyar.

Pihaknya menyambut baik soal janji yang dikatakan Alit Kelakan. "Mudah-mudahan janji Pak Kelakan bisa terwujud," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com