Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Aksi Teatrikal di Hari Pertama COP15

Kompas.com - 07/12/2009, 19:53 WIB

Laporan Wartawan Kompas.com, Inggried Dwiwedhaswary dari Kopenhagen

KOPENHAGEN, KOMPAS.com — Hari pertama pelaksanaan Konferensi Perubahan Iklim PBB (UNFCCC) COP15, Senin (7/12) di Kopenhagen, Denmark, diwarnai aksi teatrikal oleh sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang peduli terhadap perubahan iklim.

Beberapa orang melakukan berbagai aksi yang menarik perhatian, di antaranya, membuat spanduk yang berisi pesan agar COP15 menghasilkan kesepakatan yang adil dan mengikat. Ada pula yang membagikan brosur, menari, dan lain-lain. Aksi ini dilakukan di pintu masuk Bella Centre, tempat pelaksanaan COP15, tak jauh dari Stasiun Kereta Api Bella Centre. Bahkan, ada pula yang membagikan pin bertuliskan "Using public transportation saving CO2 85 percent". Pin ini dibagikan kepada para penumpang Metro Train yang baru turun di Stasiun Bella Centre.

Di dalam tempat penyelenggaraan, hal yang sama juga ditemui. Lima orang pria berpakaian serba merah cukup menarik perhatian dengan spanduk yang dibawanya, bertuliskan "Rich countries pay your climate debt". COP15 dibuka oleh Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen, Gubernur Kopenhagen, Ritt Bjerregaard, dan Ketua Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), Rajendra Pachauri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com