Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Berikan Penghargaan Tertinggi kepada Habibie

Kompas.com - 04/11/2009, 16:21 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Institut Teknologi Bandung (ITB) berikan penghargaan tertinggi "Ganesha Prajamanggala Bakti Kencana" kepada mantan Presiden RI BJ Habibie atas jasanya membaktikan ilmu kepada masyarakat.

Prof Dr BJ Habibie menerima penghargaan di sela-sela kuliah umum "Indonesia 2045: Super Power Baru" di Aula Barat Kampus ITB, Bandung, Rabu (4/11). Penghargaan tertinggi ITB itu diserahkan langsung oleh Rektor ITB Prof Dr Joko Santoso.

"Pak Habibie merupakan tokoh nasional yang menginspirasi kaum muda, para teknokrat, dan juga pendobrak demokratisasi di Indonesia," kata Joko.

Penghargaan itu, ujar Rektor, merupakan penghargaan tertinggi bagi insan akademisi yang telah membaktikan ilmunya kepada masyarakat dan pernah menjabat sebagai Kepala Negara Republik Indonesia. Selain itu, menurutnya, figur Habibie tidak bisa dilepaskan dari perjalanan ITB dan juga perkembangan teknologi di Indonesia.

Habibie bangga

Sementara itu, dengan aksen bicara dan pandangan matanya yang khas, Habibie menyatakan kebanggaannya terhadap ITB. "Saya bangga dan senang dengan penghargaan ini, ITB merupakan bagian dari bangsa ini dan ke depan diharapkan tidak berhenti memberikan karya-karya serta sumbangsihnya untuk kemajuan bangsa," kata Habibie.

Habibie mengaku, ITB merupakan rumah lamanya. Meskipun hanya beberapa bulan kuliah di kampus itu, ia tetap mengganggap ITB merupakan kampus yang membesarkan dan salah satu tonggak yang mendorong kiprahnya hingga saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com