Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya PDIP dan Demokrat yang Dapat Langsung Usulkan Calon

Kompas.com - 16/10/2009, 20:21 WIB

KEBUMEN, KOMPAS.com Hanya Partai Demokrat dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang tak perlu berkoalisi dengan partai politik lain untuk mengajukan calon kepala daerah di Kabupaten Kebumen. Sementara Partai Golongan Karya masih membutuhkan setidaknya satu sampai dua parpol pendukung agar dapat mengajukan calonnya, karena suara Golkar di DPRD Kebumen kurang dari 15 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kebumen Teguh Purnomo Jumat (16/10) mengatakan, pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah Kebumen nanti diperkirakan bakal ada enam pasang calon kepala daerah yang berkompetisi, termasuk calon dari Partai Demokrat dan PDI Perjuangan. Selebihnya empat pasang lainnya bisa datang dari koalisi Partai Golkar dan koalisi sejumlah parpol yang berhasil meraih kursi di DPRD Kebumen.

Sebanyak dua pasang calon lainnya diperkirakan datang dari kalangan pasangan calon perseorangan. "Perkiraan itu dilihat dari besarnya animo masyarakat Kebumen yang cukup antusias menanyakan prosedur pendaftaran calon perseorang kepada KPU," katanya.

Kendati demikian, persiapan Pilkada Kebumen yang akan diselenggarakan pada 4 April mendatang masih belum memperoleh dukungan dana dari Pemerintah Kabupaten. Bahkan untuk pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan, menurut Teguh, akan diadakan bersamaan dengan rapat koordinasi antar-kecamatan di Sekretariat Daerah Kebumen pada hari Sabtu.

"Saya juga tidak tahu, kenapa dana pilkada ini belum cair juga. Padahal tahapan pelaksanaan pilkada sudah mulai berjalan sejak sebulan kemarin," kata Teguh.

Untuk menghemat biaya, pihaknya menginformasikan semua tata cara dan pelaksanaan tahapan Pilkada Kebumen lewat situs kebumenkab.go.id. "Kami juga meminta kepada setiap warga yang datang kepada kami, agar menyaksikan langsung tahapan Pilkada Kebumen lewat situs itu," ujar Teguh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com