Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Pakai Batik di Australia

Kompas.com - 25/09/2009, 19:45 WIB

BRISBANE, KOMPAS.com — Pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) ranting Universitas Wollongong (UW) akan memeriahkan kegiatan kampanye pemakaian batik di kampus perguruan tinggi itu pada 7 Oktober dengan menggelar pertunjukan tari-tarian dan jualan makanan ringan.
   
"Acara pengenalan batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO ini akan berlangsung saat makan siang. Semua mahasiswa dan warga masyarakat kita diharapkan hadir dengan mengenakan batik pada 7 Oktober, bersamaan dengan Market Day (Hari Pasar) kampus," kata Ketua PPIA UW I Made Andi Arsana.
   
Dalam penjelasannya, Jumat (25/9), mahasiswa program doktor UW ini mengatakan bahwa pihaknya semula akan menggelar acara ini pada 2 Oktober. Namun, hari itu merupakan masa libur mahasiswa sehingga pihak universitas menyarankan waktu penyelenggaraannya dipindah pada 7 Oktober.
   
"Tujuh Oktober itu bertepatan dengan Market Day. Semua orang akan berkumpul di kampus, tepatnya di Duck Pond. Kita sudah mem-booking penggunaan panggung di Duck Pond untuk tanggal 7 Oktober tersebut," katanya.
   
Andi Arsana mengatakan, pihaknya mengundang para mahasiswa Australia dan internasional untuk menyaksikan acara ini dan juga membeli makanan ringan yang disajikan saat itu.
   
Selain menyemarakkan peringatan hari batik dengan pertunjukan kesenian daerah, pihaknya juga memeriahkan suasana dengan pajangan aneka barang seni khas Indonesia, terutama yang berbahan batik. Demikian dikatakan dosen Universitas Gadjah Mada penerima beasiswa bergengsi "Australian Leadership Award" (ALA) ini.
   
Sebelumnya, seruan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar rakyat Indonesia mengenakan pakaian batik pada 2 Oktober 2009 juga disambut hangat Presiden Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Universitas Queensland (UQISA) Cecep Setiawan dan Wakil Sekretaris Umum PPIA Febry HJ Dien.
   
Berbeda dari pengurus PPIA WA yang menggelar kampanye batik pada 7 Oktober, Presiden UQISA Cecep Setiawan mengimbau para mahasiswa Indonesia di UQ agar mengenakan batik pada 2 Oktober. "'Yuk Pakai Batik' sebagai penghargaan kita pada batik yang akan ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia. Semoga angklung dan seni budaya yang lain juga segera ditetapkan sebagai warisan bangsa Indonesia," kata Cecep.
   
Seruan yang sama juga disampaikan Febry HJ Dien. "PPIA Pusat sangat mendukung gerakan mengenakan batik pada 2 Oktober 2009," katanya.
   
Di seluruh Australia, ada sekitar 17.000 pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di berbagai lembaga pendidikan.
   
Penetapan Organisasi Urusan Pendidikan, Sains, dan Budaya PBB (UNESCO) bahwa batik termasuk dalam warisan budaya dunia tak benda atau intangible cultural heritage (ICH) ini akan dilakukan di sidang komite antar-pemerintah untuk perlindungan ICH UNESCO di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 28 September-2 Oktober.
   
Jauh sebelum adanya pengakuan UNESCO ini, batik sudah lama diakui banyak kalangan asing, termasuk Ibunda Presiden Amerika Serikat (AS) Ann Dunham sebagai warisan budaya bangsa Indonesia.
   
Bahkan, Mei lalu, koleksi batik Indonesia milik Ann Dunham, antropolog kenamaan Amerika yang pernah lama menetap di Indonesia, ini dipamerkan di sejumlah kota di AS, seperti Chicago, Los Angeles, San Fransisco, Houston, New York, dan Washington DC. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com