Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sentul City Laksanakan Upacara 17 Agustus

Kompas.com - 17/08/2009, 14:21 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Memperingati HUT Ke-64 RI, umumnya warga lebih merayakannya dengan aneka lomba, mulai dari makan kerupuk untuk anak-anak sampai panjat pinang. Namun, tidak demikian dengan warga RW 05 Sentul City Bogor, Kabupaten Bogor.

Bersama para petugas keamanan permukiman mewah itu, warga memperingati detik-detik Proklamasi dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih di salah satu lapangan di Cluster Venesia Pasadaena, Senin (17/8) pagi. Sutarman, salah seorang tokoh masyarakat setempat, menjadi inspektur upacara.

Memperingati detik-detik Proklamasi dengan upacara pengibaran bendera tersebut merupakan kegiatan yang selalu dilaksanakan warga setempat setiap 17 Agustus. Selain itu, warga juga menyelenggarakan bazar dan lomba-lomba khas Agustusan, seperti panjat pinang dan sepeda hias.

Kali ini, warga bersama manajemen pengelola lingkungan Sentul City (PT SGC) menyelenggarakan lomba sepeda santai dan cross country, dengan menjelajahi jalan-jalan kampung/pedesaan di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang.

Sutarman dalam amanat peringatan HUT Ke-64 RI meminta warga semakin meningkatkan silahturahim dan kebersamaan sebagai bakti kepada bangsa dan negara. Hal ini berkaitan ancaman yang serius menghantui bangsa ini, yakni penyalahgunaan narkoba, korupsi, dan terorisme.  

"Kita harus meningkatkan silahturaim antara kita, harus bersatu tanpa memandang suku, agam, golongan, untuk sama-sama turut membangun bangsa ini," katanya.

Sementara itu di Kota Bogor pada 16 Agustus malam diselenggarakan pawai obor menjelang atau menyambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Pewai tersebut melibatkan tentara dan polisi yang bertugas atau bermarkas di Bogor serta para pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan dan masyarakat, tidak ketinggalan para remaja Pramuka. Turut pula para pejabat Muspida Kota Bogor.

Pawai diawali dari depan Balai Kota dengan Kepala Polres Kota Bogor Ajun Komisaris Besar Sufyan Syarif melakukan penyulutan api ke obor bamboo yang dibawa empat wakil peserta pawai obor.

Peserta pawai yang membawa obor menyala lalu mengelilingi sejumlah jalan-jalan utama di Kota Bogor dan pada pukul 00.00 melakukan renungan suci kemerdekaan di Taman Makam Pahlawan Dredet di Bogor Selatan. Upacara penghormatan kepada para pahlawan dan renungan suci tersebut dipimpin oleh Komandan Kodim 0606 Kota Bogor Letnan Kolon el Infantri Mirza Agus.

Sebelumnya, pada 16 Agustus pagi, Wali Kota Bogor Diani Budiarto memberikan uang tanda kasih atas nama warga Kota Bogor kepada tujuh janda pahlawan, warga Kota Bogor. Masing-masing penerima mendapat Rp 500.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com