Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Narkoba, YCAB Menyuluh Anak-anak Jalanan

Kompas.com - 03/08/2009, 18:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan anak jalanan yang kerap mangkal di wilayah Grogol, Jakarta Barat mengikuti penyuluhan tentang bahaya narkoba di pinggir Kali Grogol, Jakarta Senin (3/8). Penyuluhan ini diadakan oleh Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), lembaga non-profit yang bergerak di bidang penyuluhan antinarkoba.  

92,8 persen anak jalanan terlibat dalam peredaran gelap narkoba (ILO, 2004). Karena itu, YCAB mendatangi anak-anak ini. "Biasanya kita mengadakan di sekolah-sekolah. Sekarang, karena mau menyambut ulang tahun YCAB ke-10, kita datangi anak-anak jalanan ini," ujar Linda Pengagabean, Manajer Public Relations YCAB.

Berbeda dengan kegiatan penyuluhan di sekolah-sekolah yang sudah ratusan bahkan ribuan kali dilakukan YCAB, kegiatan penyuluhan ini dibuat berbeda. Untuk penyuluhan kali ini suasana dibuat lebih interaktif dengan mengadakan permainan dan obrolan santai. "Kita mau lebih santai saja, lebih banyak bermainnya," jelas Linda.  

Meski demikian, permainan ini berisi informasi tentang narkoba dan bahayanya. Misalnya permainan kata berantai. Belasan anak berbaris membentuk huruf U. Anak paling ujung harus menyampaikan sebuah kalimat yang dibisikkan ke telinga rekannya yang berdiri paling dekat. Sementara anak yang dibisiki harus menyampaikan kaimat serupa ke anak berikutnya. Begitu seterusnya.

Sayang, kalimat itu salah ucap sejak awal. "Emangnya tadi kalimatnya apa kak?" tanya anak-anak itu penasaran. "Kalimatnya itu, Semua zat yang mempengaruhi cara kerja pikiran, hati, perasaan, dan kehendak manusia," ujar Yustina, salah satu staf YCAB yang memimipin penyuluhan ini. "Yah, panjang banget kak, mana ingat," celoteh anak-anak.

Untuk membantu anak-anak mengingat kalimat yang merupakan definisi narkoba ini Yustina kemudian membuat gerakan yang diikuti mereka supaya mudah diingat. Sementara untuk memberitahukan jenis dan dampak narkoba, Yustina mengadakan pemainan lain.

Anak-anak diminta menempelkan gambar berbagai jenis narkoba ke papan. Papan bagian atas untuk narkoba yang menimbulkan efek rasa senang, bagian bawah narkoba berefek rasa tenang. Setelah ditempel semua, Yustina menjelaskan satu persatu gambar jenis-jenis narkoba.

"Yang ini udah pernah liat belum?" tanya Yustina. "Belum," jawab anak-anak serempak. "Ini adalah gambar dari Mushroom, narkoba yang berasal dari jamur yang tumbuh di kotoran kerbau," jelas Yustina. Demikian, hal yang sama dilakukan sampai semua gambar dimengerti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com