Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Komponen Pembentuk Atap

Kompas.com - 08/06/2009, 22:19 WIB

KOMPAS.com - Komponen pembentuk atap  punya peranan masing-masing menjaga agar atap tetap kokoh dan berfungsi maksimal.

Atap menjadi faktor penting dalam sebuah rumah, setelah fondasi. Dia menjadi payung seluruh isi rumah, saat cuaca hujan atau sinar matahari yang menyengat.

Setiap bagian atap memiliki peran penting. Jika salah satu komponen ini terganggung maka fungsi atap pun bisa bermasalah. Misalnya bisa terjadi kebocoran saat hujan, atau yang paling buruk: roboh.

Berikut ini kami sampaikan tiga komponen utama pada atap, yaitu:

Struktur Atap -  Bagian yang satu ini mempunyai fungsi vital. Fungsi struktur atap adalah menahan atau mengalirkan beban dari atap, menuju ke fondasi, yang kemudian diteruskan ke tanah. Pada struktur atap, terbagi menjadi dua bagian, yaitu rangka atap dan penopang rangka atap. Masing-masing membagi tugas untuk menahan beban dengan merata.

Penutup Atap - Komponen ini yang paling menarik secara visual dan tekstur. Ada banyak jenis penutup atap, mulai dari genteng yang berbahan tanah liat, kemudian ada atap semen (asbes), atap fiber, polikarbonat, atap metal, hingga bitumen (atap aspal). Masing-masing mempunyai keunggulan. Dari sisi teknologi, genteng dan asbes jauh tertinggal dibandingkan polikarbonat, atap metal, atau bitumen.

Pelengkap Atap - Mendengar kata pelengkap, yang terbayang oleh Anda mungkin material komplementer. Benar sekali. Selain struktur yang disebutkan diatas, ada juga material seperti listplang ataupun talang pun mutlak ada. Dia berfungsi ganda, yaitu struktural dan juga estetis. Misalkan talang, dia bertugas mengarahkan air agar jatuh ke bidang tanah tertentu. (www.ideaonline.co.id/ Whery)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com