Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantul Siapkan BOS Daerah untuk Sekolah Gratis

Kompas.com - 09/02/2009, 15:45 WIB

BANTUL, SENIN — Untuk menunjang program sekolah gratis, Pemerintah Kabupaten Bantul tengah menyiapkan dana biaya operasional sekolah (BOS) daerah. Besarnya kebutuhan BOS daerah masih dalam proses penghitungan dan akan dimasukkan dalam anggaran perubahan.

Kepala Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul Sahari, Senin (9/2), mengatakan, tahun lalu besarnya BOS daerah berkisar Rp 120.000 per tahun, baik untuk SD maupun SMP. Tahun lalu sekolah masih belum bisa gratis meski sudah ada BOS nasional dan daerah. "Tahun ini kami berharap dengan kenaikan BOS nasional dan penambahan BOS daerah, sekolah-sekolah benar-benar bisa gratis," katanya.

Dia mengatakan, dana BOS daerah belum tercantum dalam anggaran reguler karena pemerintah masih harus menghitung biaya operasional ideal untuk SD dan SMP di Bantul. Proses penghitungannya butuh waktu lama, sementara APBD keburu diketok. "Makanya nanti akan dimasukkan ke anggaran perubahan," katanya.

Mulai tahun ini setiap siswa SD memperoleh dana BOS Rp 397.000 per tahun, sementara tahun lalu Rp 254.000 per tahun. Untuk siswa SMP/MTS naik dari Rp 354.000 per tahun menjadi Rp 570.000 per tahun. Di Bantul ada sekitar 70.000 siswa SD dan 32.000 siswa SMP. Sayangnya, dana BOS nasional kemungkinan baru bisa cair bulan Maret sehingga pihak sekolah terpaksa harus mencari dana talangan.

Menurut Sahari, untuk menyiasati keterlambatan pencairan tersebut sekolah diminta berhemat dan berusaha sendiri mencari dana alternatif. "Secara khusus kami tidak menganggarkan dana talangan sementara untuk BOS. Jadi, silakan sekolah mencari solusi sendiri," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com