Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspedisi Ciliwung 2009: Upaya Memetakan Masalah Banjir Jakarta

Kompas.com - 18/01/2009, 08:08 WIB

Laporan Wartawan Kompas-TV, Nanang Dwi Prasdi

BOGOR, MINGGU — Perjalanan menyusuri Sungai Ciliwung digelar harian Kompas mulai Sabtu pagi kemarin. Tim memulai perjalanan sebelumnya dengan bermalam di sebuah rumah kayu di perbatasan kebun teh milik PTP Ciliwung dengan hutan lebat di Gunung Telaga.

Tim juga menggelar briefing untuk penugasan dan angle tulisan. Sabtu pagi (17/1), perjalanan sesungguhnya dimulai, yakni dengan acara peresmian yang diikuti Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Dalam paparannya di acara pelepasan ekspedisi, Wakil Pemimpin Redaksi Rikard Bagun menyatakan, ekspedisi ini dilakukan untuk memetakan persoalan lingkungan dari Sungai Ciliwung, termasuk masalah banjir dan penyediaan air bersih bagi kawasan Bogor dan DKI Jakarta.

Diharapkan, hasil tulisan wartawan dari kegiatan ekspedisi ini bisa menyumbang ke masyarakat luas mengenai pentingnya peranan Sungai Ciliwung bagi lingkungan Jakarta.

Liputan dimulai dari daerah hulu dan mata air Sungai Ciliwung, di antaranya Telaga Warna dan Telaga Cisaat dan secara perlahan-lahan tim akan terus turun ke daerah lebih rendah hingga masuk ke aliran Ciliwung di Kota Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com