Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cadillac Limo untuk Pelantikan Barack Obama

Kompas.com - 15/01/2009, 10:11 WIB

WASHINGTON, KAMIS - General Motors (GM) akhirnya merilis foto dan sedikit cerita tentang Limosin Kepresidenan terbaru Amerika Serikat yang nantinya akan ditumpangi Barack Obama pada pelantikannya 20 Januari 2009 di Gedung Putih. Dipastikan, untuk memulai Era Baru Amerika Serikat, Cadillac juga mempersembahkan Limosin Kepresidenan yang total baru, baik dari desain maupun teknologi.

Foto yang dirilis oleh Cadillac, salah satu divisi GM yang dikhususkan membuat mobil mewah, hanya memperlihatkan eksterior depan dan belakang. Interior tidak disertakan. Bisa dimaklumi, karena menyangkut keamanan orang nomor satu di negara Adi Daya tersebut.

Sebenarnya pada saat yang sama, Rabu 14 Desember kemaren, Pasukan Rahasia atau "Secret Service" (SS) Amerika juga merilis foto yang sama. Namun lokasinya berbeda. Foto yang dirilis oleh SS diambil di Arlington, Virginia, di samping sungai Potomac, melintasi Washington D.C. dari samping. Pada mobil ini dijelas menggunakan pelek jari-jari 16 mengkilap dan berbeda dibandingkan dengan Cadillac untuk presden sebelumnya.

Sedangkan foto yang dikeluarkan oleh Cadillac, diambil di studio dan satu lagi diberi latar belakang gedung putih dari kejauhan.

Desain & Teknologi
“Cadillac kembali mendapat kehormatan untuk membuat Limosin Kepresidenan yang baru,” komentar Mark McNabb, wakil presiden direktur Cadillac/Premium Channel Amerika Utara dalam rilisnya. “Ini merupakan tradisi kebesaran Amerika. Untuk itu kami menyambut pembaruan dengan mempersembahkan fitur dan desain terbaru pada mobil Presiden Amerika  ini. Mobil ini merupakan karya terbaik dari Cadillac, baik desain maupun teknologinya.”

Dijelaskan pula, limo baru ini digunakan untuk menggantikan tugas Cadillac DTS yang diluncurkan pada 2006. Mobil tersebut pertama kali digunakan G.W. Bush pada pelantikan keduanya, Januari 2005.

Desain dan teknologi yang dicangkokkan berubah secara dramatis dan dibuat sesuai dengan fungsi khususnya sebagai mobil Presiden Amerika Serikat.

Eksterior mobil ini menurut Cadillac lebih elegan dan bergaya moderen. Depannya, gril, tetap menampilkan ciri khas Cadillac, dua barisan kotak-kotak namun agak berbeda dibandingkan dengan model lainnya. Gril limo ini mirip dengan sedan sport CTS, dan Escalade.

Ciri lainnya adalah desain lampu depan dan belakang yang vertikal. Untuk kaca spion, sama dengan yang digunakan pada Cadilac untuk umum.

Ditambahkan, perubahan desain dilakukan untuk meningkatkan fungsi kendaraan sebagai alat transportasi presiden. Untuk itu, kaca samping dibuat sedikit lebih tegak dibandingkan versi sebelumnya. Tujuannya, agar lingkup penglihatan presiden bila melihat keluar makin luas. Meski begitu, dimensi dan proporsinya masih sama dengan limo  sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com