Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jabar Minta Komitmen 18 Kepala Daerah

Kompas.com - 24/11/2008, 17:23 WIB

BANDUNG, SENIN - Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan menggelar pertemuan di Gedung Sate dengan 18 kepala daerah di Jawa Barat, Senin (24/11) siang.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur meminta semua kepala daerah di Jawa Barat untuk berkomitmen melaksanakan sekolah gratis jenjang SD dan SMP pada tahun 2009.

Dari 18 kepala daerah yang hadir, sebanyak 15 kepala daerah langsung hadir dan tiga lagi diwakilkan.

Para kepala daerah dan wakilnya yang hadir, setuju dan bulat untuk melaksanakan pendidikan gratis tingkat SD dan SMP tahun depan.

Sedangkan untuk tingkat Kota Bandung, pendidikan gratis tingkat SD dan SMP sudah tertuang dalam bentuk perda. Sekolah gratis ini berlaku untuk sekolah negeri dan swasta.

Dalam perda tersebut, sekolah mulai dari SD sampai SMP tidak boleh memungut dana dari masyarakat, baik dalam bentuk dana sumbangan pendidikan, sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP), uang seragam, uang buku maupun pungutan lainnya.

Wali Kota Bandung Dada Rosada berjanji akan memecat kepala sekolah yang kedapatan masih memungut dana dari masyarakat. (Tribun Jabar/Dedi Herdiana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com