Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seks Bebas Marak, Kasus HIV di NTT Naik Tajam

Kompas.com - 20/11/2008, 07:59 WIB

KUPANG, KAMIS - Kasus HIV/AIDS di Nusa Tenggara Timur (NTT) per 18 November 2008 mencapai 552, terdiri dari 305 HIV dan 247 AIDS, dan meninggal dunia 141 orang.

Kasus terbanyak di Kabupaten Belu 152, menyusul Kota Kupang 130 kasus, Sikka 106 kasus, Manggarai 34 kasus, Ende dan Flores Timur masing masing 28 kasus. Data per Agustus 2008 hanya 287 kasus HIV/AIDS.

Peningakatan kasus ini terkait makin lancar sistem pelaporan kasus HIV/AIDS dari kabupaten/kota akhir akhir ini. Staf Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Provinsi NTT, Gusti Brewon di Kupang, Kamis (20/11) mengatakan, kasus HIV di NTT ditemukan pertama tahun 1997, dari seorang warga Pulau Adonara, Flores Timur yang baru saja pulang dari perantauan.

"Kasus itu terus berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan virus HIV di NTT melalui hubungan seks bebas, dan banyaknya perantau yang pulang ke kampung asal dengan mengidap virus HIV," katanya.

Kasus ini diperparah dengan kondisi ekonomi rumah tangga masyarakat yang sangat rendah, berdampak pada menurunya daya tahan tubuh. Merebaknya perempuan lokal sebagai pekerja seks komersial jalanan, dan makin bebasnya pergaulan yang disertai kegiatan seks bebas di kalangan remaja dan orang dewasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com