Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Hotel Yang "Dihuni" Nyi Roro Kidul?

Kompas.com - 12/11/2008, 16:10 WIB

Samudera Beach Hotel (kini Inna Samudra Beach) dibangun pada kurun waktu yang sama dengan Hotel Indonesia dan Bali Beach Hotel. Pembangunan tiga hotel mewah pertama di Indonesia itu diprakarsai Presiden Sukarno dengan menggunakan dana pampasan perang dari Jepang. Samudera Beach Hotel dibangun tahun 1962 dan diresmikan 15 Februari 1966.

Hotel yang terletak di Jalan Raya Palabuhanratu-Cisolok Km 7, Kabupaten Sukabumi, ini menawarkan pemandangan lautan lepas di setiap kamarnya. Hotel bertingkat delapan itu memiliki 106 kamar. Sebanyak 100 kamar di antaranya disewakan. Di bagian atas hotel yang berdiri di atas lahan seluas 35 hektar itu dilengkapi landasan helikopter.

Di area pantai hotel, terdapat kolam renang yang bisa dinikmati tamu hotel. Di sebelah kolam renang terdapat ruang serbaguna, Teratai Hall, yang mampu menampung 500 orang. Selain itu, pengunjung juga bisa bermain di pantai yang cukup landai di lokasi hotel itu.

Menurut kepercayaan setempat, Pantai Palabuhanratu dihuni Nyi Roro Kidul, yang diakui sebagai penguasa pantai selatan. Kepercayaan ini begitu kuatnya sehingga di Hotel tersebut disediakan sebuah kamar khusus untuk tempat kediaman sang penguasa itu.

Ketika hotel itu mulai beroperasi tahun 1966, kamar nomor 720 khusus disediakan untuk Nyi Roro Kidul. Namun tiga bulan kemudian, melalui seorang kuncen, penguasa laut selatan memilih menempati kamar nomor 308 hingga sekarang.

Kamar itu sekilas tidak berbeda dengan kamar lain di hotel tersebut. Bedanya, ruangan yang didominasi warna hijau pada dinding, karpet, lantai, hingga gorden itu terkesan mistis. Warna itu diyakini kesukaan Nyi Roro Kidul. Selain itu, suasana kamar juga kian terkesan mistis dengan delapan lukisan potret wanita cantik yang diyakini sebagai gambaran ratu penguasa pantai selatan. Salah satu lukisan di antaranya hasil karya Basuki Abdullah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com