Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Muda, Target Hubungan Indonesia-Jepang

Kompas.com - 01/11/2008, 14:03 WIB

JAKARTA, SABTU - Generasi muda merupakan target yang ditetapkan Indonesia dan Jepang dalam perayaan emas hubungan diplomatik Indonesia-Jepang di acara Indonesia-Japan Expo (IJE) 2008 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (1/11). Hal ini tersirat dalam pernyataan manfaat perayaan emas ini baik dari pihak Indonesia maupun Jepang.

Presiden Komisaris Kompas Jakob Oetama mengatakan momen ini menjadi kesaksian hasil kerja keras para pendahulu Indonesia dan Jepang dalam bekerja sama dalam berbagai sektor, terutama sektor industri dan budaya. "Ini memperlihatkan kerja sama hasil dari kerja keras dan pengolahan indutri sehingga memberi inspirasi kepada anak muda dan kepada pebisnis untuk bisa melihat kesempatan berkontribusi melalui cara masing-masing," ujar Jakob dalam keterangan pers usai pembukaan IJE 2008.

Hal senada juga dilontarkan oleh CEO Panasonic Gobel Indonesia Rachmat Gobel. Menurut Gobel, perayaan dalam expo ini memberikan gambaran bagaimana teknologi ke depan di tengah maraknya isu pemanasan global. Cara tiap perusahaan menunjukkan keunggulan teknologinya sendiri dapat menjadi pelajaran bagi generasi muda dari kedua negara untuk bekerja sama mengembangkannya di kemudian hari.

Sementara itu, mantan PM Jepang Yasuo Fukuda menjelaskan bahwa dalam peringatan emas ini, hal penting yang ingin diperluas oleh Jepang adalah pertukaran pelajar dan pemuda. Diharapkan melalui interaksi terhadap berbagai aspek baik dan buruk kedua negara, hubungan dapat tercipta lebih erat. "Indonesia dan Jepang memiliki berbagai aspek baik dan buruk. Tapi kedua aspek itu sangat penting untuk memperdalam pemahaman satu sama lain terutama bagi orang muda dalam pertukaran pendapat yang mentransformasi," kata Fukuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com