Persiapan Sebelum Check Up Kesehatan

Kompas.com - 17/10/2008, 11:28 WIB
Editor

CHECK UP kesehatan secara teratur adalah langkah bijaksana untuk mencegah penyakit. Apa saja yang harus disiapkan agar hasil pemeriksaan itu akurat?

1.    Buatlah daftar hal-hal yang ingin dibicarakan dengan dokter yang memeriksa Anda. Sering orang mengeluh karena baru ingat harus mendiskusikan beberapa hal penting setelah keluar dari ruang praktik dokter.

2.    Buat daftar nama obat, dosis, dan berapa sering Anda mengonsumsinya.

3.    Jangan lupa membuat daftar nama jamu atau vitamin yang rutin dikonsumsi. Mungkin saja ada interaksi antara obat yang dikonsumsi dengan jamu yang tidak diketahui. Jika Anda tidak tahu mengapa diberi resep sejumlah obat, tanyakan juga hal ini ke dokter yang memeriksa.

4.    Seringkali check up kesehatan rutin membuat stres dan degdegan. Padahal, stres kerap menjadikan tes kesehatan lebih buruk dari seharusnya. Tekanan darah dan kadar gula darah bisa lebih tinggi dari seharusnya. Lakukan meditasi untuk mengontrol stres. Ada beberapa jenis meditasi, di antaranya yang memfokuskan perhatian pada napas keluar masuk hidung. Meditasi terbukti efektif mengatasi stres. @

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.