Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Sebelum Check Up Kesehatan

Kompas.com - 17/10/2008, 11:28 WIB

CHECK UP kesehatan secara teratur adalah langkah bijaksana untuk mencegah penyakit. Apa saja yang harus disiapkan agar hasil pemeriksaan itu akurat?

1.    Buatlah daftar hal-hal yang ingin dibicarakan dengan dokter yang memeriksa Anda. Sering orang mengeluh karena baru ingat harus mendiskusikan beberapa hal penting setelah keluar dari ruang praktik dokter.

2.    Buat daftar nama obat, dosis, dan berapa sering Anda mengonsumsinya.

3.    Jangan lupa membuat daftar nama jamu atau vitamin yang rutin dikonsumsi. Mungkin saja ada interaksi antara obat yang dikonsumsi dengan jamu yang tidak diketahui. Jika Anda tidak tahu mengapa diberi resep sejumlah obat, tanyakan juga hal ini ke dokter yang memeriksa.

4.    Seringkali check up kesehatan rutin membuat stres dan degdegan. Padahal, stres kerap menjadikan tes kesehatan lebih buruk dari seharusnya. Tekanan darah dan kadar gula darah bisa lebih tinggi dari seharusnya. Lakukan meditasi untuk mengontrol stres. Ada beberapa jenis meditasi, di antaranya yang memfokuskan perhatian pada napas keluar masuk hidung. Meditasi terbukti efektif mengatasi stres. @

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com