Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Operasi pada Diabetes Melitus

Kompas.com - 12/10/2008, 14:32 WIB

Rubrik Konsultasi Kesehatan asuhan Prof Dr Samsuridjal Djauzi di surat kabar KOMPAS edisi Minggu:

Sudah sejak lima tahun ini saya (58) didiagnosis diabetes melitus. Selain diabetes, ternyata saya juga ada hipertensi dan penyakit jantung koroner.

Saya teratur minum obat penurun gula darah, obat darah tinggi, dan obat jantung. Tetapi, gula darah saya tidak sepenuhnya terkendali, masih sering di atas 200, karena saya sering makan di restoran untuk keperluan bisnis.

Dua minggu lalu saya dianjurkan dokter untuk operasi kelenjar prostat. Memang saya sudah mulai merasa tak nyaman jika berkemih sejak enam bulan lalu. Semula saya menyangka karena kurang minum, tetapi setelah banyak minum, keluhan tak berkurang.

Saya berkonsultasi dengan dokter dan dikatakan saya menderita pembengkakan kelenjar prostat. Saya menjalani berbagai pemeriksaan, termasuk pemeriksaan dubur, laboratorium, ultrasonografi, sampai sisa kemih. Kesimpulannya, saya menderita pembengkakan kelenjar prostat.

Untunglah pembengkakan ini menurut dokter bukan kanker, tetapi pembengkakan biasa saja. Saya awam di bidang medis karena latar belakang saya bisnis. Saya merasa khawatir menghadapi operasi karena menurut teman-teman jika penderita diabetes dioperasi akan timbul berbagai penyulit, di antaranya penyembuhan operasi akan sulit.

Saya juga ragu karena saya juga menderita darah tinggi dan penyakit jantung. Mohon pendapat Dokter karena di lain pihak saya juga sudah mulai sulit berkemih secara normal. Sebentar-sebentar ingin berkemih dan jika berkemih terasa tak puas. Pancarannya lemah dan hanya keluar sedikit.

Apakah cukup aman jika saya menjalani operasi prostat? Apakah operasi tersebut akan memperberat penyakit diabetes, hipertensi, atau jantung saya? Terima kasih atas jawaban Dokter.

B di J

Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit yang sering dijumpai di masyarakat kita. Pengendalian diabetes melitus dilakukan dengan pengaturan makan, olahraga teratur, serta jika perlu digunakan obat pengatur gula darah. Penderita perlu memahami dengan baik mengenai penyakit diabetes, obat-obat serta komplikasi yang dapat timbul jika diabetes tak dikendalikan dengan baik.

Saya memahami kesibukan Anda sehari-hari dalam menjalankan bisnis, Anda harus sering makan di luar rumah. Tetapi, perlu juga diperhatikan pengaturan makan merupakan upaya penting dalam pengendalian diabetes. Kita tak dapat hanya mengandalkan obat pengatur gula darah.

Penggunaan obat tersebut tanpa dukungan pemahaman penyakit, pengaturan makan, dan olahraga sering tak berhasil. Dengan kata lain Anda perlu berupaya mengamalkan gaya hidup sehat meski Anda setiap hari sibuk. Anda perlu menerapkan pengaturan makan yang baik meski Anda makan di luar rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com