Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSIS vs PSMS Ricuh, Wasit Diganti

Kompas.com - 09/10/2008, 22:23 WIB

SEMARANG, KAMIS - Pertandingan antara PSIS Semarang antara PSMS Medan pada lanjutan kompetisiIndonesia Super League di Stadion Jatidiri, Semarang, Kamis (9/10), berakhir imbang dengan skor 1-1. Laga ini sempat diwarnai kericuhan akibat kepemimpinan wasit Sunarjo Joko yang mengecewakan sehingga diganti oleh wasit lain di babak kedua.

"Ayam Kinantan" sebagai tim tamu unggul lebih dulu melalui penalti Leonardo Martins pada menit ke-27. Penalti tersebut diberikan wasit karena handsball kapten PSIS Idrus Gunawan di dalam kotak terlarang.

Sepanjang babak pertama, PSIS menilai wasit berlaku tidak adil. Dua kali Sunarjo membuat keputusan yang merugikan tuan rumah. Ketika pemain PSMS melakukan pelanggaran di kotak penalti, Sunarjo tidak meniup peluit tanda pelanggaran. Selanjutnya, pemain PSMS juga melakukan handsball di daerah terlarang, tapi wasit memilih diam.

Karena kesal, begitu turun minum, Manajer PSIS Semarang Yoyok Sukawi sempat menghampiri dan mencoba menyerangnya. Petugas keamanan kemudian mengamankan wasit dari kejadian lebih lanjut. "Keterlaluan, tim kami jelas dirugikan," ucap Yoyok seusai pertandingan.

Kekecewaan pihak PSIS tak berakhir sampai di situ. Pendukung PSIS atau "Panser Biru" bahkan melemparkan tempat sampah ke arah wasit ketika ia dituntun keluar lapangan dengan kawalan polisi yang melindunginya dengan tameng. 

Setelah insiden tersebut, pertandingan sempat tertunda selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya, pihak PSIS meminta panitia pelaksana untuk mengganti wasit Sunarjo. Babak kedua akhirnya dimulai setelah Sunarjo diganti oleh wasit Deri Koswara.

Pada babak ini, PSIS mencoba menekan pertahanan tamunya. Beberapa pemain mencoba melakukan tembakan jarak jauh, tetapi kiper PSMS Ghali Sudaryono berhasil mementahkannya.

Kemenangan PSMS yang sudah di depan mata akhirnya lenyap setelah penyerang PSIS Gaston Castono dijatuhkan bek PSMS Patricio Zimenez di kotak terlarang sembilan menit sebelum bubar. Gaston berhasil mengeksekusi penalti tersebut dan menyamakan skor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com