Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U-16 Siap Hadapi Piala Asia

Kompas.com - 27/09/2008, 00:26 WIB

JAKARTA, JUMAT - Tim nasional (timnas) sepakbola Indonesia U-16 tahun yang saat ini berada di Tashkent, Uzbekistan untuk mengikuti Piala Asia 2008 U-16, akan memfokuskan diri dalam adaptasi suhu dan pemulihan kondisi fisik setelah menempuh perjalanan panjang dari Jakarta.

Timnas dijadwalkan melaksanakan satu kali uji coba menghadapi tim Arab Saudi pada Minggu (28/9) di MHSK Stadium, Tashkent.

"Para pemain tentu kelelahan setelah menempuh perjalanan panjang dari Jakarta sejak Rabu (24/9) siang lalu, karena itu kami tidak secara langsung memberikan porsi latihan yang berat kepada mereka," kata Yeyen Tumena, Asisten pelatih yang dihubungi, Jumat (26/9).

Menurut Yeyen, fokus pelatihan adalah pemulihan kondisi fisik dan adaptasi suhu kota Tashkent. Timnnas Indonesia tiba di Tashkent pada Kamis (25/9) dini hari, setelah menempuh perhalanan lebih dari 20 jam dari Jakarta pada Rabu lalu.

Yeyen mengatakan, beberapa pemain mengalami masalah respirasi karena penurunan suhu udara, yang mencapai 20 derajat Celcius. Walau demikian, Yeyen yakin hal ini tidak akan berpengaruh banyak terhadap kondisi fisik para pemain pada penampilannya nanti di putaran-final U-16 Asia.

"Mereka pasti akan segera menyesuaikan diri," kata mantan pemain nasional itu.

Pada hari pertama di Tashkent, rombongan dijamu berbuka puasa oleh Duta Besar Republik Indonesia di Uzbekistan, Syahril Sabarudin.

Kejuaraan U-16 Asia diikuti oleh oleh 16 tim yang lolos dari babak kualifikasi yang dilangsungkan akhir tahun silam. Indonesia bergabung di penyisihan Grup B bersama Suriah, India dan Korsel. Grup A terdiri atas Bahrain, Iran, Singapura dan tuan rumah Uzbekistan. Grup C bercokol Australia, Cina, Arab Saudi, dan Tuskmenistan. Sedangkan Grup D terdiri atas Jepang, Malaysia, Uni Emirat Arab dan Yaman.

Uzbeskitan sendiri merupakan salah satu negara pecahan Uni Soviet yang sebagian besar dari 28 juta penduduknya menganut agama Islam.

Ibukota Tashkent, yang berpenduduk 2,1 jiwa, merupakan salah satu kota terbesar di Uzbekistan dan memiliki dua stadion sepakbola yang cukup baik, yakni Stadion MHSK dan Stadion Pakhtakor. (ANT)

Berikut daftar pemain tim U-16 Indonesia:
Kiper:
Egha Putra, Benny Setyo, Aris Wahyu
Belakang: Tata Kurniawan, M. Abduh, Rian Ferdianto, Agung Nurahman, M. Lestusen, Tery Bayu, Samuel Kowet, Imam Baihaki
Tengah: Rudy Setiawan, Fahreza Agamal, Delton Stefano, Rizky Sanjaya Pelu, Rahmat Johani, M. Slamet, Fikri Fahmi
Depan: A. Rezal, Tomy Febiayanto, Imam Baihaqi, Vava Mario Zagalo, A. Bayaou.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com