Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Indonesia, Undip Terapkan BLU

Kompas.com - 23/09/2008, 20:48 WIB

SEMARANG, SELASA - Universitas Diponegoro menjadi perguruan tinggi negeri pertama di Indonesia yang menerapkan sistem Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. Dengan sistem ini, pengelolaan keuangan sep enuhnya dipegang oleh universitas, namun setiap asetnya tetap milik negara.

Demikian dideklarasikan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Susilo Wibowo kepada wartawan di Kota Semarang, Selasa (23/9). "Dengan status ini nantinya kami akan menerapkan sistem keuangan yang akuntabel dan transaparan. Sebagai konsekuensinya, siapapun daapat mengaudit kami, baik internal maupun eksternal," kata Susilo.

Susilo menyebutkan, awalnya banyak pihak menentang Sistem Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum(PK-BL U) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 ini. Namun setelah melihat kesulitan yang dihadapi oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berubah status menjadi Badan Hukum Milik Negara (BHMN) atau Badan Hukum Pendidikan (BHP), kini semakin banyak yang tertarik dengan sistem PK-BLU.

Menurut Susilo, hal ini disebabkan PTN lebih leluasa untuk mengelola keuangannya, baik dari pemasukan maupun pengaturan penggunaannya. Perbedaannya, jika sebelumnya segala pemasukan merupakan keuangan negara, sehingga jika tidak habis dalam penggunaannya harus dikembalikan pada negara.  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com