Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penambahan Bus Trans-Jogja Harus Dikaji Cermat

Kompas.com - 16/09/2008, 20:35 WIB

YOGYAKARTA, SELASA - Organisasi Pengusaha Angkutan Darat atau Organda DIY meminta Pemerintah Provinsi DIY mengkaji cermat rencana penambahan 20 bus Trans-Jogja. Penambahan bus tahun 2009 dinilai terlalu cepat mengingat Trans-Jogja baru beroperasi kurang dari setahun.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Organda DIY Johnny Sunu Pramantya, berpendapat, penambahan bus Trans-Jogja sebenarnya bertujuan bagus. Sebab satu bus Trans-Jogja akan menggantikan dua bus kota. Secara kondisi fisik, Trans-Jogja lebih prima.

Namun ketika berpikir tentang menambah jumlah bus dan terus begitu, kita terjebak dalam pola lama yang kurang terencana. "Kondisi sulit bus perkotaan sekarang, salah satunya dipicu karena jumlah armada yang terlalu banyak," ujarnya, Selasa (16/9).

Johnny juga mempertanyakan Pemprov karena hingga kini Organda belum diajak bertemu guna membahas rencana penambahan bus Trans-jogja.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Mulyadi Hadikusumo menegaskan bahwa rencana penambahan bus Trans-Jogja tahun depan sudah dikaji cermat. Rencananya, tahun 2009 akan ditambah 20 bus dan 19 halte untuk melayani penumpang di jalur-jalur baru.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com