Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulkam Basamo Sedunia ke Minangkabau

Kompas.com - 16/09/2008, 08:51 WIB

PADANG, SELASA - Pulkam alias pulang kampung basamo sedunia ke Minangkabau direncanakan terwujud di Sumatera Barat tahun 2008 ini. Peserta pulang basamo adalah perantau Minangkabau di seluruh dunia.

Pemilik situs www.west-sumatra.com Yulnofrins Napilus, Selasa (9/9), mengatakan agenda pulang basamo ini sudah digulirkan lewat situs internet dan disepakati para perantau Minangkabau.

Sejumlah perantau dari sejumlah negara yang sudah merespon antara lain dari Amerika Serikat, Perancis, Australia, dan beberapa kota di negara tersebut.

"Kami mengajak tidak hanya perantau Minangkabau tapi juga urang sumando (menantu orang Minang) teman-teman, dan kolega lain. Minang USA sebagai inisiator pulang basamo mencatat 198 orang yang akan ikut. Belum lagi pemudik dari negara lain," tutur Yulnofrins.

Pulang basamo sedunia diperkirakan akan mulai terwujud sejak Lebaran ini hingga akhir tahun. Waktu pulang basamo memang tidak dibatasi karena setiap negara mempunyai jadwal libur yang berbeda.

Salah satu ikon yang akan ditonjolkan dalam kegiatan pulang basamo ini adalah wisata kereta api. Yulnofrins mengatakan salah satu keuntungan daerah dengan kegiatan ini adalah promosi aset wisata secara gratis ke mancanegara. Karena itu, kegiatan ini merupakan momentum bagi pemerintah daerah untuk memperbaiki fasilitas umum pariwisata seperti WC umum dan aneka fasilitas publik lain.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com