Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak OPEC Turun

Kompas.com - 09/09/2008, 17:59 WIB

WINA, SELASA - Harga minyak mentah yang diproduksi negara-negara anggota OPEC (Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak) terus menurun menjelang pertemuan di Wina, Selasa (9/9). Sementara, Arab Saudi mengisyaratkan tidak perlu adanya penurunan produksi.
   
Harga satu barel minyak mentah OPEC tercatat pada 101,08 dollar AS pada Senin (8/9), menurun 13 sen dollar dari hari sebelumnya, dan menurun 39,75 dollar AS dibandingkan posisi harga tertinggi 3 Juli.
   
Ali Al-Naimi, Menteri Perminyakan Arab Saudi, produser terbesar OPEC, pada Selasa mengatakan, pasar minyak dalam kondisi seimbang.
   
Sementara itu, Menteri Perminyakan Iran Gholam Hossein Nozari pada Senin menyeru kepada negara lainnya untuk membatasi kelebihan pasokan minyak dan teguh pada level produksi yang dialokasikan.
   
Nozari, seperti dikutip kantor berita Iran IRNA, mengatakan," Kami mengharapkan semua anggota OPEC untuk memproduksi pada kuotanya dan mengontrol pasokannya ke pasar."
   
OPEC diperkirakan tidak akan mengurangi kuota resmi dalam pertemuannya nanti, meski para pengamat mengatakan negara-negara anggota seperti Arab Saudi dapat membatasi produksi lebih sebagai reaksi permintaan global yang menurun.
   
Harga minyak yang tinggi dan kesuraman ekonomi telah menghancurkan konsumsi di AS, seiring juga permintaan melambat di negara-negara industrialisasi.
   
Konferensi OPEC kali ini jatuh di bulan Ramadhan, sehingga pertemuan dimulai pada petang dan akan berakhir pada tengah malam waktu setempat.
   
Negara-negara OPEC memproduksi sekitar 37 persen dari pasokan minyak dunia. OPEC menghitung harganya berdasarkan rata-rata dari kumpulan harga 13 merek minyak yang diproduksi anggotanya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com