Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket KA Lebaran Bisa Dipesan Hari Ini

Kompas.com - 25/08/2008, 09:01 WIB

JAKARTA, SENIN - PT Kereta Api (KA) mulai Senin (25/8) ini melayani pesanan tiket eksekutif untuk keberangkatan H-7 Lebaran 2008. PT KA juga berjanji memberantas calo, sehingga Lebaran kali ini para pemudik lebih nyaman.

"Besok (Senin 25/8) ini pemesanan tiket mulai dibuka untuk keberangkatan H-7," kata Kahumas Daops I PT KA, Akhmad Sujadi, di Jakarta, Minggu (24/8).

Pemesanan tiket KA Lebaran bisa dilakukan secara online atau calon penumpang datang langsung ke semua stasiun KA. "Bisa dipesan di Stasiun Jatinegara, Senin, Gambir, Bekasi, Bogor, bahkan Papua," kata Sujadi.

Namun, pihak KA tidak melayani pemesanan tiket KA pulang-pergi (pp). "Untuk arus balik, pesanan tiket dilakukan di stasiun keberangkatan. Pesan saja sama saudaranya di kampung," ujarnya.

Pemesanan tiket KA diperkirakan akan mencapai puncaknya pada 28 Agustus mendatang. Sedangkan puncak mudik Lebaran akan jatuh pada 28 September 2008.

Untuk angkutan Lebaran 2008, PT KA menyiapkan 212 perjalanan KA reguler dan 11 perjalanan KA tambahan dengan jumlah lokomotif sebanyak 179 unit dan gerbong KA siap operasi 1.293 unit. Diperkirakan jumlah penumpang angkutan Lebaran 2008 sebanyak 2.990.182 orang atau 105 persen dari realisasi angkutan Lebaran 2007.

PT KA juga menyiapkan KA Sapu Jagat. KA ini merupakan KA barang yang akan disulap menjadi kereta ekonomi. Lantai KA Sapu Jagad akan dilapisi karpet dan tikar.

Tarif KA untuk kelas ekonomi tidak ada perubahan. Namun, untuk kelas eksekutif akan menerapkan tarif batas atas mulai H-7 hingga H+7. (Warta Kota/sab/Persda)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com