Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KA Siap Libas Calo

Kompas.com - 20/08/2008, 05:23 WIB

JUANDA, WARTA KOTA - Manajemen PT Kereta Api (KA) berjanji menyikat habis calo tiket di stasiun dan pegawai PT KA yang terlibat percaloaan. Sementara itu, tiket KA eksekutif untuk mudik Lebaran sudah bisa dibeli mulai 25 Agustus mendatang.

"Calo tiket KA adalah persoalan yang harus diselesaikan sampai tuntas karena sangat meresahkan calon penumpang. Jadi, nantinya kita akan bekerja sama dengan Polri untuk membasmi calo tiket," tegas Sudarmo Ramadhan, Direktur Operasi PT KA, kepada pers di Jakarta Railway Center (JRC), Juanda, Jakarta Pusat, Selasa (19/8).

Sudarmo juga akan mengenakan sanksi tegas terhadap para pegawai PT KA yang terlibat dalam pengadaan tiket untuk para calo. "Komitmen kami jelas, kalau ada orang dalam (pegawai PT KA) yang terlibat percaloan harus ditindak tegas. Kalau perlu tunjuk hidungnya," ujarnya.

Semua itu, kata Sudarmo, dilakukan agar calon penumpang bisa mendapatkan rasa aman dan nyaman. "Untuk angkutan Lebaran 2008, kami berjanji memberikan layanan yang lebih dibanding Lebaran sebelumnya," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT KA, Ronny Wahyudi, mengatakan, untuk angkutan Lebaran 2008 pihaknya telah menyiapkan 212 perjalanan KA reguler dan 11 perjalanan KA tambahan Lebaran dengan jumlah armada lokomotif sebanyak 179 unit, dan gerbong KA siap operasi 1.293 unit. "Kami memprediksi jumlah penumpang angkutan Lebaran 2008 sebanyak 2.990.182 orang atau 105 persen dari realisasi angkutan Lebaran 2007," ujarnya.

PT KA juga menyiapkan KA Sapu Jagat. KA ini merupakan KA barang yang akan disulap menjadi kereta ekonomi. Tapi, Rony menjamin bahwa lantai KA Sapu Jagad dilapisi karpet dan tikar, sehingga penumpang dapat tidur dengan nyaman.

Tarif KA, kata Ronny, untuk kelas ekonomi tidak ada perubahan. Namun, untuk kelas eksekutif akan menerapkan tarif batas atas terhitung mulai H-7 hingga H+7. "Tiket sudah bisa dipesan mulai 25 Agustus mendatang. Jadi, bagi yang mau mudik, silakan membeli tiket dari jauh-jauh hari," ujar Ronny.

Tujuh kota

Sementara itu, Citilink, anak perusahaan penerbangan Garuda Indonesia, mengudara kembali mulai 1 September mendatang setelah tidak terbang sejak 15 Januari 2008. "Penerbangan dengan konsep low cost carrier (LCC) ini akan menyinggahi tujuh kota di seluruh Indonesia," kata Pujobroto, Vice Presiden Coporate Secretary PT Garuda Indonesia.

Citilink akan menggunakan pesawat jenis Boeing 737 seri 300 sebanyak 5 pesawat dengan kapasitas penumpang 148 penumpang per pesawat. Mulai 1 September, Citilink akan melayani 7 kota dengan titik pusat dari Surabaya. Kota-kota yang dilayani Citilink pulang pergi dari Surabaya dengan tujuan Jakarta, Ampenan, Batam, Banjarmasin, Kupang, dan Balikpapan.

Pujobroto menambahkan, pada Kamis (21/8) Garuda akan meresmikan program Garuda Indonesia Holiday. Program itu adalah program paket wisata domestik dan internasional yang digarap sendiri Garuda tanpa melibatkan biro perjalanan. Menurut rencana launching dilakukan oleh Miss Universe 2008, Dayana Sabrina Mendoza Moncada. (ver/ang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com