Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ritech Expo Kembali Digelar Ristek

Kompas.com - 04/08/2008, 14:04 WIB

JAKARTA, SENIN - Kementerian Negara Riset dan Teknologi kembali menggelar Ritech Expo 2008 di Mal Mega Glodok Kemayoran, Jakarta, dari 8-11 Agustus mendatang. Tema tahun ini adalah Inovasi Untuk Pemberdayaan Industri.  

Hal ini disampaikan oleh Ketua Ritech Expo 2008 Pariatmono Soekamdo saat konferensi pers, Senin (4/8) di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta. "Tujuannya adalah untuk mempromosikan berbagai hasil karya anak bangsa dari berbagai lembaga penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi, industri, maupun masyarakat," tuturnya.  

Kementerian tersebut juga mengadakan pameran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan tema INA-Kreat if Berbasis Inovasi Terbuka. Sejumlah produk hasil inovasi TIK akan ditampilkan di pameran tersebut, seperti teknologi WiMAX dan program Indonesia Go Open Source.  

Menurut Asisten Deputi Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Kementerian Negara Riset dan Teknologi Kemal Prihatman, pameran tahun ini berbeda dengan pameran sebelumnya. "Tahun ini, panitia juga menyelenggarakan workshop dengan topik-topik secara intens," katanya.

Kemal berharap, jumlah pengunjung yang datang tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin, yang berjumlah 2.000 orang.  Hal ini diamini oleh pakar teknologi informasi Onno Widodo Purbo, yang turut hadir dalam konferensi pers tersebut.

"Pokoknya, banyak yang canggih-canggih dalam workshop tersebut, misalnya, d esain grafis dengan Linux, teknologi dan membuat web radio berkreasi dengan animasi 3D, Batik Fractal, serta streaming di Internet," terangnya. Workshop ini akan dibawakan oleh sejumlah komunitas, termasuk Yayasan Pengerak Linux Indonesia, ICT Center, dan One Destination Center.

Di akhir konferensi, Onno mengatakan bahwa acara ini gratis dan tidak perlu mendaftar. "Tapi, asal siap-siap lesehan karena kehabisan tempat duduk ya," katanya berkelakar. (HIN)        

 

 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com