Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibit: Kemenangan Ini Amanah

Kompas.com - 22/06/2008, 20:35 WIB

Laporan wartawan Kompas Regina Rukmorini

MAGELANG, MINGGU- Calon gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo sudah merasa sangat optimis dirinya akan memperoleh suara terbanyak dalam ajang pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Tengah. Hasil perhitungan sementara oleh sejumlah lembaga survei yang menyebutkan dia dan pasangannya Rustriningsih unggul, diyakininya tidak akan berbeda jauh dengan hasil akhir pehitungan suara dari KPU Provinsi Jawa Tengah.

"Bagi saya, ini bukan hasil sementara. Dari data perhitungan suara saat ini, sudah bisa dinyatakan saya menang dan berhasil meraih persentase suara terbanyak dalam pilgub Jawa Tengah 2008," paparnya, saat ditemui di rumahnya di Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Minggu (22/6) petang.

Bibit merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan atas kemenangannya itu. Sebab, dengan begitu, dia merasa derajatnya telah dinaikkan.Dalam kesempatan itu, dia pun mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi masyarakat Jawa Tengah, terutama rekan-rekan yang telah membantunya dalam proses pencalonan.

"Kemenangan ini adalah amanat yang diberikan masyarakat kepada saya. Maka tugas saya selanjutnya adalah memikul amanat ini dengan menjalankan tugas sebik-baiknya sebagai gubernur Jawa Tengah," ujarnya.

Bibit belum bisa merinci apa yang akan dia kerjakan jika memang benar-benar terpilih sebagai gubernur Jateng. Namun, sebagai langkah pertama, dia akan mempelajari tugas dan permasalahan di Jawa Tengah, baru selanjutnya merumuskan tindakan dan menjalankan tugas secara nyata di lapangan.

Pada hari pencoblosan, Bibit memberikan hak suaranya di TPS 15, yang hanya berjarak 100 meter dari rumahnya. Bibit yang datang bersama istri Sri Suarti dan salah satu putrinya, datang ke TPS dengan diiringi sekelompok masyarakat yang membunyikan rebana.

Di TPS 15 itu, pasangan Bibit Waluyo-Rustriningsih juga meraih kemenanganan telak. Dari daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 560 orang, mereka yang mereka yang hadir dan mencoblos terdata 409 orang. Dari jumlah itu, Bibit-Rustriningsih meraih 320 suara. Pa sangan Bambang Sadono -M Adnan 31 suara, Agus Soeyitno-Kholik Arief 12 suara, Sukawi Sutarip-Sudharto 17 suara, dan HM Tamzil-Rozaq Rais 15 suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com