Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes: Kasus Flu Burung Menurun

Kompas.com - 19/06/2008, 00:13 WIB

MEDAN, RABU - Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengatakan, enam bulan terakhir jumlah kasus flu burung pada manusia di Indonesia menurun secara berarti. Pada permulaan semester kedua di tahun 2008, jumlah kasus flu burung pada manusia menurun dan jumlah ini merupakan angka terendah dibanding dengan kasus yang terjadi di tahun 2005, 2006 dan 2007. Demikian ungkap Menkes saat tiba di Bandara Polonia, Rabu (19/6).

Menkes mengatakan, menurunnya jumlah kasus ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat akan penyakit ini meningkat. Masyarakat, menurutnya, juga sudah mulai sadar bagaimana harus melakukan tindakan sesegera mungkin jika mengalami gejala yang menunjukkan penyakit ini.

Sekarang ini, setiap wilayah administrasi sudah memiliki buku panduan penanganan flu burung dan sudah didistribusikan ke seluruh lapisan masyarakat. "Syukur kita sudah memiliki buku saku mengenai flu burung dan kita juga mendapat dukungan dari negara lain seperti Australia, Jerman, India dan China," ujar Menkes.

Menkes juga mengatakan, akibat laporan yang diberikan media luar negeri di tahun 2006 bahwa flu burung di Indonesia telah menyebar antar manusia setelah sebuah keluarga di Karo, Sumatera Utara terinfeksi virus ini, Indonesia telah dijauhi komunitas internasional.

Saat itu, tujuh anggota keluarga yang terinfeksi penyakit ini tewas. Hanya seorang yang pulih, Jones Ginting dan telah keluar dari rumahsakit, tambah Bu Menteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com