Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Agustus, Franky Siap Tancap Merah Putih di Puncak Elbrush

Kompas.com - 18/06/2008, 08:43 WIB

JAKARTA, RABU - Petualangan Franky Kowaas, 46, yang ingin menggapai tujuh puncak gunung tertinggi di tujuh benua terus berlanjut. Keinginan pria asal Manado ini untuk menancapkan sang saka merah putih pada masing-masing puncak gunung bukan cuma sesumbar.

Dua puncak gunung dari tujuh yang direncanakan bisa dijadikan bukti yakni Carstensz Pyramid dan Kilimanjaro. Carstensz Pyramid yang berlokasi di Indonesia (Papua) merupakan representasi puncak gunung tertinggi di Benua Australasia/Oceania, sedangkan Kilimanjaro yang berlokasi di Tanzania merupakan representasi Benua Afrika.

Franky telah menggapai kedua puncak gunung tersebut yang memiliki ketinggian masing-masing 4.884 mdpl dan 5.963 mdpl dalam rangkaian misi pendakian yang dilakoninya saat ini.Bahkan sebagaimana dituturkan ayah dua anak ini, puncak Kilimanjaro bisa dicapainya lebih cepat dari waktu tempuh yang telah ditentukan yakni enam hari. "Mulai dari pintu masuk (awal pendakian) sampai puncak itu butuh empat hari," ujar Franky saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/7).

Awal yang bagus tentunya. Sayang, niat baik suami Nanvie Tagah ini sedikit terganjal saat ingin melanjutkan petualangannya menggapai puncak gunung Denali atau Mckinley, gunung ketiga yang coba ditaklukannya. Karena belum keluarnya visa, ekspedisi Franky yang didukung sepenuhnya oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dan Federasi Mountaineering Indonesia (FMI) yang direncanakan berlangsung dalam bulan Juli itu tertunda hingga 2009. "Rencana bulan Juni mau ke McKinley, tapi karena masalah visa nggak jadi dan ditunda sampai akhir Mei 2009," ujarnya.

Sambil menunggu pendakian gunung berikutnya yakni Mount Elbrush yang direncanakan berlangsung pada Agustus, Franky menyempatkan diri coba mengharumkan nama Sulawesi Utara dengan keterlibatannya dalan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung Juli nanti."Kebetulan saya juga adalah ketua sekaligus atlit terjun payung yang mewakili Sulawesi Utara. Jadi saya coba partisipasi di PON dulu," ujar Franky.

Ditanya apakah keterlibatannya dalam pentas olahraga bergengsi tingkat nasional tersebut bisa mempengaruhi persiapannya melakukan pendakian pada gunung berikutnya, Franky mengatakan itu bukan persoalan.

Dilihat dari waktunya, Franky memang punya cukup kesempatan dalam persiapan mendaki gunung Elbrush pasca keikutsertaannya dalam PON yang rencananya akan berlangsung 6 hingga 11 Juli tersebut. "Rencananya awal Agustus baru ke Rusia. Targetnya pada 17 Agustus nanti, saya berada di puncak Elbrush," ujar Franky.

Gunung Elbrush yang berlokasi di Rusia dengan ketinggian 5.642 mdpl merupakan representasi puncak gunung tertinggi di benua Eropa. Saat jutaan anak bangsa merayakan hari bersejarah Indonesia di bumi pertiwi ini, Franky ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia punya seorang calon seven summiters (pendaki gunung yang telah mendaki tujuh puncak tertinggi di tujuh benua) saat menancapkan merah putih di puncak Elbrush.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com