Satu Dollar Per Turis untuk Badak

Kompas.com - 11/06/2008, 16:31 WIB
Editor

JAKARTA, RABU – Departemen Kehutanan RI bekerja sama dengan Yayasan Badak Indonesia (YBI) akan mencoba menggalang dana dari turis yang berkunjung ke Indonesia dengan menarik 1 dollar per turis.

“Kami akan mencoba menggalang dana dengan menarik 1 dollar dari para turis. Dana tersebut akan dikelola oleh YBI dan pemerintah sebagai pembinanya untuk membuat penangkaran badak,” ujar Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, Departemen Kehutanan RI, Ir Darori saat pelantikan Miss Big menjadi Duta Save The Rhino di Jakarta, Rabu (11/6).

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membuat fasilitas penangkaran  badak. ”Populasi badak di Indonesia sudah semakin kritis dan terancam punah,” ujar Darori.

Menurut sensus terakhir yang dilakukan oleh Taman Nasional Way Kambas, Lampung, populasi badak sumatera saat ini tinggal 300 ekor, dan badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon Banten saat ini hanya 38-60 ekor. “Jadi di Indonesia populasi badak hanya tinggal 350-an ekor,” ujar Darori.

Darori menyampaikan, populasi badak menyusut akibat perburuan liar, alih fungsi lahan, dan sulit bereproduksi. “Populasi badak di alam sangat kritis, semua ini akibat perburuan liar, alih fungsi hutan, dan sifat alami badak yang sulit bereproduksi,” ujar Darori.

Untuk mengampanyekan konservasi badak, pemerintah akan dibantu Duta Save The Rino yang diemban Miss Big Indonesia, Mega Dalutong. “Kami harapkan duta Save The Rhino dapat mengampanyekan kepada seluruh masyarakat bahwa badak adalah binatang langka yang perlu dilestarikan,” ungkap Darori. (C5-08)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.