Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Tak Akan Ekspor Beras

Kompas.com - 03/06/2008, 15:11 WIB

JAKARTA,SELASA - Dirut Badan Urusan Logistik (BULOG) Mustafa Abubakar berjanji tidak akan melakukan impor dan ekspor beras sepanjang tahun 2008, meskipun sebelumnya sempat terdengar isu bahwa pemerintah kembali akan mengekspor beras. "Sekalipun kami memegang izin ekspor, kami berharap tidak akan mengekspor," ujar Mustafa dalam diskusi tentang ketahanan pangan di Jakarta, Selasa (3/6).

Mustafa menyebutkan sebenarnya Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di tahun 2008 berjumlah 231.559 ton, lebih kecil dari jumlah biasanya untuk setiap tahun, yaitu 350.000 ton. Stok CBP ini relatif sedikit untuk menghadapi musim paceklik dan menghadapi kemungkinan krisis pangan dunia.

Namun, Mustafa cukup optimistis mengingat terus meningkatnya realisasi beras dalam negeri dari tahun-tahun sebelumnya. Dari Januari hingga Mei 2008 saja, pengadaan dalam negeri Indonesia sudah mencapai 1.526.683 ton. Bahkan Mustafa juga optimistis bahwa tahun depan, Indonesia bisa mengekspor beras, paling tidak untuk memenuhi kebutuhan di lingkungan ASEAN.

"Kalau produksi naik lima persen tahun ini, akan ada kelebihan cadangan 1.5 juta ton. Kalau 2009 pun produksi naik lagi sekitar lima persen maka di situlah kita bisa ekspor," ujar Mustafa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com