Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upe Menangi A Mild Live Wanted 2008 Jabodetabek

Kompas.com - 19/03/2008, 18:30 WIB

TASIKMALAYA, RABU--Penyelenggaraan A Mild Live Wanted 2008 untuk tingkat regional Jabodetabek telah melangsungkan babak akhir. Tiga band finalis terbaik yaitu Nion (Bekasi), MPV (Tangerang) dan Upe (Jakarta) mendapatkan kesempatan tampil di panggung konser A Mild Live Rising Stars 2008 dengan para band rising star seperti Nidji, Andra & The Backbone dan d’Masiv – pemenang A Mild Live Wanted 2007 – yang berlangsung di Lapangan Upacara Dadaha, Tasikmalaya, Jawa Barat pada tanggal 16 Maret 2008 lalu.

Konser A Mild Live Rising Stars 2008 ‘The Choice is Yours’ di kota Tasikmalaya ini menobatkan grup band Upe (Jakarta) sebagai band pemenang A Mild Live Wanted 2008 regional Jabodetabek dan berhak untuk maju ke seleksi tingkat nasional/Grand Final di Jakarta pada bulan Mei mendatang.

Memang ada sedikit perbedaan dari kota regional lainnya, untuk tiga band finalis terbaik regional Jabodetabek A Mild Live Wanted 2008 ini harus tampil bukan di wilayah Jabodetabek melainkan di wilayah Jawa Barat tepatnya di kota Tasikmalaya.  Dan tidak seperti band-band finalis terbaik dari regional lainnya, tiga band terbaik dari regional Jabodetabek ini juga memiliki waktu lebih panjang untuk mempersiapkan lagu dan aksi panggung mereka di panggung spektakuler A Mild Live Rising Stars di kota Tasikmalaya yang diramaikan oleh band rising stars pilihan music maniacs Tasikmalaya yaitu Nidji, Andra & The Backbone serta penampilan band rising star lainnya seperti d’Masiv, The Rain, Rama dan Geisha.

Untuk diketahui, tiga band finalis terbaik A Mild Live Wanted 2008 regional Jabodetabek ini didapatkan dari kegiatan seleksi regional yang digelar pada tanggal 9 Maret 2008 lalu bertempat di Backstage Café, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.  Terdapat 15 band terbaik dari perwakilan kota yang termasuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Terpilihnya grup band Upe perwakilan kota Jakarta sebagai pemenang pertama regional Jabodetabek ini membuat ke-lima personel ini tidak menyangka telah ditunjuk oleh dewan juri nasional untuk menjadi wakil regional Jabodetabek yang berhak maju ke tingkat seleksi nasional/Grand Final pada bulan Mei mendatang.  Kemenangan ‘mengejutkan’ bagi grup band Upe yang beranggotakan Hadist ‘Oboy’ (vokal), Dharu dan Angga (gitar), Agung ‘Gayung’ (bass) dan Daniel (drum) merupakan hadiah yang tidak ternilai dan terbayangkan sebelumnya oleh grup band yang baru terbentuk pada tahun 2007 lalu.  Mereka harus berkompetisi dengan dua band finalis lainnya yang sudah memiliki prestasi yang cukup banyak di berbagai festival musik.  Tentunya kemenangan ini menjadi langkah awal yang cerah dalam meniti karir di jalur musik di tanah air untuk meramaikan industri musik yang saat ini banyak menampilkan band-band baru berbakat.

Dengan terpilihnya band Upe ini, serta mengakhiri proses seleksi A Mild Live Wanted 2008 ‘We Spot Your Talent’ tingkat regional Jabodetabek serta konser musik A Mild Live Rising Stars 2008 ‘The Choice is Yours’ yang telah digelar di Lapangan Upacara Dadaha, Tasikmalaya, Jawa Barat, pihak A Mild selaku penyelenggara pun merasa gembira dan bangga kedua program inovasi A Mild dapat berjalan dengan lancar, sukses dan mendapat sambutan yang positif dari penonton Tasikmalaya dan sekitarnya. Seperti dijelaskan oleh Regional Marketing Manager PT HM Sampoerna Tbk., wilayah Jabodetabek, Nazaruddin Mayusya, “Kami gembira pelaksanaan seleksi A Mild Live Wanted 2008 sekaligus konser A Mild Live Rising Stars 2008 di kota Tasikmalaya ini berjalan lancar dan tertib.  Penampilan baik dari tiga band finalis terbaik regional Jabodetabek yang tampil luar biasa serta band-band rising star seperti Nidji, Andra & The Backbone, d’Masiv, The Rain, Rama dan Geisha yang memang sangat dinantikan oleh music maniacs Tasikmalaya ini menambah kemeriahan konser ini”.

Sementara menanggapi terpilihnya grup band Upe sebagai band terbaik yang mewakili wilayah Jabodetabek, Ade panggilan akrab Nazaruddin Mayusya berkomentar, “Kami pun bangga dengan tiga band finalis regional Jabodetabek ini yang mampu tampil memukau dan luar biasa dihadapan publik Tasikmalaya yang notabene bukan publik mereka.  Terlebih grup band Upe sebagai finalis terakhir yang tampil sangat memukau dan mampu menunjukkan kebolehan mereka dalam bermusik.  Penampilan mereka ternyata tak kalah aktraktif dan menarik serta mampu membuat para penonton terbius untuk menikmati lagu-lagu yang dibawakan.  Semangat optimis dan percaya diri ke-lima personil ini tentunya patut dicontoh oleh grup band lainnya”, jelas Ade.

Melihat penampilan tiga finalis terbaik A Mild Live Wanted 2008 regional Jabodetabek, dewan juri nasional yang terdiri atas Krisna J. Sadrach selaku musisi dan produser musik yang juga merupakan ketua juri nasional; Anasthasia R. Y. Sadrach – A & R Musica Studio’s, Hary ‘Koko’ Santoso dari pihak promotor, Deteksi Production, Anton Wahyudi – Music Director Radio Prambors Jakarta selaku juri dari perwakilan media elektronik; serta Indra K. Thamrin – Chief Editor majalah Rolling Stone, sepakat memilih grup band asal kota DKI Jakarta, Upe menjadi wakil Jabodetabek untuk melaju ke babak Grand Final di Jakarta mendatang. Sebagai pemenang kedua seleksi regional Jabodetabek ini adalah grup band MPV perwakilan kota Tangerang dan pemenang ketiga diraih oleh grup band Nion perwakilan kota Bekasi.

Terpilihnya Upe sebagai juara pertama A Mild Live Wanted 2008 regional Jabodetabek dijelaskan oleh ketua juri nasional, Krisna J. Sadrach – musisi dan produser musik – karena memiliki nilai tertinggi dari kriteria yang telah ditentukan oleh dewan juri nasional.  “Dari komersilitas lagu, karakter vokal sang vokalis, skill permainan, kekompakan antar personil, membuat Upe mengumpulkan nilai tertinggi dan mampu mengalahkan dua band lawannya yang mempunyai banyak prestasi di festival-festival musik.  Tampil dihadapan yang bukan publik mereka, ternyata tidak membuat mereka patah semangat, justru mereka mampu membius penonton dengan lagu-lagu yang dibawakan”, jelas Krisna.

Dalam konser musik A Mild Live Rising Stars 2008 ‘The Choice is Yours’ di kota Tasikmalaya ini, grup band finalis pertama asal kota Bekasi, Nion tampil dan menunjukkan musikalitas serta aksi panggung mereka di hadapan penonton.  Dengan lagu pertama yang mereka nyanyikan dari karya cipta mereka sendiri berjudul ‘Untukmu’ ternyata cukup diterima oleh penonton yang hadir.  Suasana semakin menghangat ketika grup band Nion tampil membawakan lagu milik d’Masiv berjudul ‘Tak Bisa Hidup Tanpamu’, dimana mereka melompat bersama bersama Dwikky Aditya Marshall ‘Kiky’, gitaris grup band d’Masiv di atas panggung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com