Korban Kecelakaan Akibat Jalan Rusak Tidak Disantuni

Kompas.com - 10/03/2008, 13:24 WIB
Editor

JAKARTA, SENIN - Jasa Raharja tidak memberikan santunan kepada korban kecelakaan yang disebabkan jalan berlubang atau rusak, karena jenis kecelakaan tersebut dikategorikan sebagai personal accident.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT. Jasa Raharja (Persero) Darwin Noor kepada wartawan usai jumpa pers tentang penyesuaian nilai santunan kecelakaan di kantor pusat Jasa Raharja, Kuningan, Jakarta, Senin, (10/3).

Menurut Darwin, jenis kecelakaan yang diberikan santunan oleh Jasa Raharja adalah kecelakaan yang melibatkan dua pihak. "Jasa Raharja hanya menangani tanggung jawab hukum pihak ketiga atau Compulsary Third Party Liabilities. Jadi pemilik kendaraan yang membayar sumbangan wajib mengalihkan sebagian risiko kepada Jasa Raharja," katanya.

Kecelakaan karena jalan rusak atau berlubang, lanjut Darwin termasuk dalam kecelakaan tunggal atau personal accident dan biasanya ditanggani oleh perusahaan asuransi komersial. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang No.34 tahun 1964 tentang dana kecelakaan lalu lintas jalan. (DIV)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.