Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Horta Ditembak Saat Olahraga Pagi

Kompas.com - 11/02/2008, 14:57 WIB

DILI, SENIN - Presiden RDTL Jose Ramos Horta tertembak di perut bagian kanan oleh kelompok bersenjata yang dipimpin Alfredo Reinado Alves Senin (11/2) sekitar pukul 6.15 pagi waktu Timor Leste di kediamannya, Becari Dili. Dalam kontak senjata tersebut Alfredo Reinado dengan salah satu angotanya Leopoldo tewas tertembak.
 
Menurut wartawan Journal Nacional, Joao Basilio Diario seperti yang dikutip harian Pos Kupang (Kompas Gramedia) dalam waktu dan jam yang sama kelompok Alfredo yang dipimpin juru bicara Gastao Salsinha juga terjadi kontak senjata di kediaman PM Xanana Gusmao di Dare. Namun, tidak ada jatuh korban karena Xanana dan keluarganya diselamatkan oleh para fredo pengawal.

Menurut sumber yang tidak mau menyebutkan namanya, Alfredo dengan kelompoknya berhasil masuk ke kediaman Ramos Horta saat Ramos Horta berolaharaga pagi dan terjadi baku tembak oleh pasukan penjagaan di kediaman tersebut.

Saat ini Ramos Horta sedang mendapata perarawatan di rumah sakit Militer Australia di Heliport Lanud Dili dan tenaga medis juga sudah berada di TL untuk menevakuasi Ramos Horta ke Darwin (Australia)  untuk mendapatakn perawatan intensif.

Dalan Konferensi Pers PM Xanana yang didampingi Presiden RDTL sementara Vicente Guterres di istana pemerintahan membenarkan bahwa Alfredo dengan salah satu anggotanya tewas tertembak.

Xanana juga mengumumkan negara dalam keadaan bahaya sehingga iha menhimbau kepada masyarakat Timor Leste agar jangan terpancing.

Di pihak lain, F-FDTL (Tentara Pertahanan Nasional) juga mengumumkan supaya masyarakat jangan kumpul-kumpul dijalan demi keamanan negara.
Alfredo adalah komandan Polisia Militer dan Gastao Salsinha adalah Juru bicara pasukan petisioner sekitar 600 lebih angoota F-FDTL meninggalkan markas dan memilih tinggl di hutan menuntut keadilan. *

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com