Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokus Pembinaan Pada Tim Bola Voli Putri

Kompas.com - 22/01/2008, 20:23 WIB

JAKARTA, SELASA- Pembinaan bol voli nasional mulai difokuskan untuk membentuk tim putri yang tangguh guna mencapai target tim terbaik Asia Tenggara 2011. Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) berharap, tim putri bisa mengikuti jajak tim putra yang merebut emas di SEA Games 2007 di Thailand.

”Konsentrasi pembinaan adalah mencari bibit pemain putri dengan postur tubuh memadai dari seluruh daerah. Mereka akan dibina di Jakarta dan diusahakan memperoleh beasiswa,” ujar Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PP PBVSI Heyzer Harsono yang dihubungi di Jakarta, Selasa (22/1).

Target merebut emas di SEA Games 2011 ini dicanangkan Ketua Umum PP PPBVSI Sutanto pada Rapat Kerja Nasional PP PBVSI yang berakhir Senin. Tim putri yang menempati posisi ketiga di SEA Games 2007 diharapkan memperbaiki posisi satu tingkat pada SEA Games Laos 2009, dan menjadi nomor satu dua tahun kemudian.

Menurut Heyzer, pihaknya akan mengawali pembinaan jangka panjang dengan mengumpulkan sekitar 18 pemain muda dari seluruh Indonesia. Beasiswa diusahakan dengan sistem bapak dan anak asuh.

”Banyak perusahaan di Indonesia yang punya dana dan kepedulian pada olahraga, tetapi tidak sanggup membina sendiri. Nah, pembinaannya biar dilakukan PBVSI. Sebagai kompensasinya, para pemain itu boleh membela klub perusahaan itu dalam setiap turnamen yang diikuti,” ujar Heyzer.

Sebagai langkah awal, PP PBVSI telah membina delapan pemain putri berusia 16-18 tahun  di Kuba. Program yang diadakan bekerja sama dengan Pemerintah Kuba ini berlangsung  enam bulan dan berakhir Desember 2007. 

Di luar delapan pemain itu, Heyzer mengatakan tim nasional juga masih dapat menggunakan tenaga para pemain muda yang telah memperkuat tim nasional di SEA Games 2007, seperti Agustin Wulandari, Maya Kurnia Indri, dan Berllian Marsheilla.

Dalam kesempatan terpisah, pelatih tim nasional putri di SEA Games 2007 Li Qiujiang berharap PP PBVSI serius dengan target mereka membina tim putri. Menurut pelatih kawakan asal China ini, semua pihak harus bekerja keras mewujudkan target ini

”Kelihatannya SEA Games 2009 masih dua tahun lagi. Namun, waktunya harus dipotong kompetisi Proliga setiap awal tahun. Dikurangi dengan masa libur dan lain-lain, praktis waktu bersih untuk pelatnas hanya satu tahun. Ini bukan hal yang mudah,” ujar Li.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com