Salin Artikel

Jokowi Cerita Kerja Keras Bangun Usaha: Saya Kerja Subuh sampai Tengah Malam

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menceritakan pengalamannya saat menumbuhkan usaha hingga mampu mengekspor produknya ke luar negeri.

Jokowi membagikannya saat bersilaturahmi dengan peserta dan pendamping Program Mekaar di Stadion Krisak Singodutan, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis (1/2/2024).

Jokowi mengungkapkan bahwa dirinya merintis usaha dimulai dari kecil, sebelum akhirnya menjadi besar.

"Saya mengalami, saya mengalami. Dari mikro, kecil, dulu jualannya hanya di lingkup Solo. Kemudian tahun kedua saya sudah bisa jualan sampai ke Jakarta. Tahun ketiga saya sudah bisa ekspor," kata Jokowi dalam acara tersebut, berdasarkan rekaman suara yang dibagikan Biro Pers Sekretariat Presiden, Kamis.

Jokowi tak memungkiri, untuk mencapai kesuksesan butuh usaha keras. Bahkan, ia mengaku bekerja keras sejak subuh hingga tengah malam, pada saat teman-temannya yang lain bekerja seperti biasa.

Menurut Jokowi, untuk bisa sukses, harus melakukan hal berbeda dan luar biasa.

"Teman-teman saya kerja jam 8 pagi sampai jam 4 (sore), rata-rata seperti itu biasa. Saya, subuh sampai tengah malam. Harus beda kalau mau sukses. Leres mboten (benar tidak)?" ucapnya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta ibu-ibu nasabah PNM Mekaar untuk memiliki semangat kerja keras dan disiplin, termasuk dalam mengangsur pinjaman setiap minggu maupun setiap bulan.

Jika sudah janji untuk membayar pada hari Sabtu, maka janji itu harus ditepati.

"Kalau Senin sudah janjian, ya Senin diangsur. Itu namanya membangun sebuah karakter disiplin. Kalau sudah janjian Jumat sore, kumpulkan semuanya Jumat sore, ini akan membangun karakter disiplin yang baik," tutur Jokowi.

"Penting, jadi semangat kerja keras dan disiplin itu penting bagi suksesnya ibu-ibu semuanya dalam berusaha," imbuhnya.

https://nasional.kompas.com/read/2024/02/01/13452651/jokowi-cerita-kerja-keras-bangun-usaha-saya-kerja-subuh-sampai-tengah-malam

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke