Salin Artikel

Sampai Ratas 2 Kali dengan Presiden Bahas Polusi Udara, Menkes: Belanja BPJS Pasti Naik

Pengakuan ini dinyatakan Budi Gunadi dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

"Ini polusi udara, sudah ada dua kali ratas dengan Bapak Presiden," kata Budi Gunadi saat memulai pembicaraan di hadapan anggota dan pimpinan Komisi IX DPR.

Budi lantas membeberkan isi pembicaraannya pada Jokowi terkait polusi udara. Salah satunya soal belanja Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk menangani penyakit.

Dikatakannya pada Jokowi, biaya belanja BPJS untuk penanganan penyakit dipastikan naik pada tahun ini.

Kenaikan ini dikarenakan polusi udara yang menimbulkan penyakit sehingga dipastikan tidak sedikit merogoh kocek keuangan negara.

"Jadi total belanja BPJS untuk penyakit ini adalah Rp 10 triliun, tahun lalu. Jadi pasti kalau naik, tahun 2023 pasti akan naik lagi dari Rp 10 triliun," ujar Budi Gunadi.

Namun, Budi Gunadi tidak merinci lebih detail berapa jumlah kenaikan belanja BPJS Kesehatan pada tahun ini karena kasus polusi udara.

Ia mengaku, hanya berusaha meyakinkan Presiden untuk tidak khawatir terhadap peningkatan biaya belanja BPJS tersebut.

Selain soal biaya belanja BPJS Kesehatan, Budi dalam ratas bersama Jokowi juga mengungkapkan bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) fokusnya hanya pada penanganan penyakit akibat polusi udara.

Namun, Budi Gunadi mengatakan, Jokowi turut memberikan masukan agar Kemenkes melakukan penanganan sama seperti ketika Pandemi Covid-19 melanda di Tanah Air.

"Ini harus ada surveilans-nya, harus ada data analisisnya dan bagaimana caranya publik bisa percaya dengan integritas data dari pemerintah," kata Budi Gunadi.

https://nasional.kompas.com/read/2023/08/30/15314421/sampai-ratas-2-kali-dengan-presiden-bahas-polusi-udara-menkes-belanja-bpjs

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke