Salin Artikel

Momen Prajurit TNI AL Upacara HUT Ke-78 RI di Tengah Samudera Atlantik Utara

Sebanyak 96 prajurit melaksanakan upacara dari atas geladak utama kapal layar latih tiang tinggi kebanggaan TNI AL, KRI Bima Suci.

Upacara dipimpin oleh Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) M Sati Lubis yang juga selaku Dansatgas KJK 2023.

Sati Lubis, yang membacakan amanat Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, mengatakan bahwa TNI AL memiliki tugas dan tanggung jawab moral maupun konstitusional untuk melaksanakan pembangunan nasional di bidang pertahanan matra laut.

“Untuk itu, program pembangunan kekuatan dan pembinaan kemampuan TNI AL diarahkan untuk mendukung terwujudnya pertahanan maritim yang dapat mengatasi segala bentuk ancaman, sehingga program pembangunan dapat terwujud dengan aman dan lancar,” kata Sati Lubis membacakan amanat KSAL, dikutip dari siaran pers Dinas Penerangan TNI AL, Minggu (20/8/2023).

Adapun, Satgas KJK 2023 sedang melaksanakan pelayarannya menuju Spanyol.

Dengan KRI Bima Suci, TNI AL membawa 96 prajurit dan telah memulai pelayarannya sejak 2 April 2023.

Rencananya, mereka akan tiba di Tanah Air pada 2 November 2023, dengan menempuh jarak 25.871 Nm (nautical mile).

Pelayaran dalam misi diplomasi dan duta bangsa ini berlangsung selama 214 hari, memulai perjalannya dari Surabaya-Batam-Colombo (Srilanka)-Salalah (Oman)-Jeddah (Arab Saudi)-Alexandria (Mesir)-Algeir (Aljazair)-Rouen (Perancis)-Brest (Perancis)-Den Helder (Belanda).

https://nasional.kompas.com/read/2023/08/20/12281771/momen-prajurit-tni-al-upacara-hut-ke-78-ri-di-tengah-samudera-atlantik-utara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke